SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Urai Kemacetan, Pemko Batam Buka Jalan Baru

  • Reporter:
  • Minggu, 4 Juni 2017 | 17:23
  • Dibaca : 653 kali
Urai Kemacetan, Pemko Batam Buka Jalan Baru
Pengendara motor bersusah payah lewat pinggiran jalan yang rusak demi lolos dari macet di Simpang Kabil, belum lama ini. Pelebaran jalan dan pembukaan jalan baru tahun ini menjadi strategi mengurai kemacetan. Foto Teguh Prihatna

BATAM KOTA – Pembukaan jalan baru dan pelebaran jalan masih menjadi siasat Pemko Batam untuk mengatasi kemacetan yang menghantui kota ini. Akses Batam Center-Bengkong bisa selesai tahun ini.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengungkapkan beberapa alternatif mengurai kemacetan kawasan Batamcenter akan dibangun jalan penghubung antara kawasan Golden Land dengan Orchid Park di Kecamatan Batam Kota.

“Tahun ini jalan baru sudah dibuka. Jalan ini penting guna mengurai macet. Jadi yang dari Dutamas mau ke arah Edukits bisa langsung lewat sini,” kata Rudi, kemarin.

Hanya saja proyek ini bisa terhambat bila bangunan di seputaran proyek tidak bisa disingkirkan. Sehingga Rudi berharap masyarakat yang memiliki bangunan di lokasi pembangunan mau merelakan bangunan tergusur.

Rudi khawatir bila strategi pelebaran jalan ini tidak direalisasikan makan akan makin sulit ke depan terlebih rencana pembangunan jalan baru ini sudah tertunda hingga tahun ke tujuh. “Uang masuk tapi tak bisa dibuka. Berikan lahan untuk kami buka jalan,” ujarnya.

Untuk pembangunan ini telah masuk tahap lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam dengan total anggaran Rp1,65 miliar. Sementara di lokasi lain, peningkatan jalan untuk hindari kemacetan yakni jalan dari Simpang Kuda menuju Bengkong.

“Jalan dari Simpang Kuda sampai ke Bengkong Seken hari ini macet. Semua protes. Ini nanti akan kami buka, jadi empat lajur dua jalur. Saat ini baru satu lajur tiap jalur,” papar Rudi.

Untuk meminimalisir kemacetan di Bengkong, Pemko membangun jalan baru dari Bengkong tembus ke Batam Center. Hanya saja, belum menjawab permasalahan kemacetan yang ada di Bengkong. “Yang dari Golden Prawn, Sungai Ngayon, sampai Batam Kota sudah selesai,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com