SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Urus Akta Lahir dan KK Selesai Sehari

  • Reporter:
  • Selasa, 10 September 2019 | 15:12
  • Dibaca : 228 kali
Urus Akta Lahir dan KK Selesai Sehari
Warga mengurus dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Kota Batam, Sekupang, beberapa waktu lalu. Disdukcapil Batam menerapkan sistem barcode Tanda Tangan Elektronik untuk pengurusan akta lahir dan KK. f dok sindo batam

SEKUPANG – Disdukcapil Kota Batam resmi menerapkan sistem barcode Tanda Tangan Elektronik (TTE). Dengan sistem ini, pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan akta lahir jadi cepat selesai, karena bisa ditandatangi oleh Kepala Disdukcapil dari jarak jauh atau di luar kantor.

Penerapan sistem ini merupakan upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang ingin mengurus Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiran ke Kantor Disdukcapil Batam.

Selain itu penerapan tanda tangan digital juga merupakan komitmen bersama Disdukcapil Kota Batam sebagai bentuk layanan prima ke masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kota Batam Said Khaidar mengatakan, hal ini merupakan inovasi yang telah diberlakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

“Kami sudah terapkan tanda tangan elektronik untuk penerbitan akte kelahiran dan KK sejak beberapa waktu lalu,” ujarnya di Batam Centre, Senin (9/9).

Sejak TTE ini diterapkan di Kota Batam, respons masyarakat cukup bagus. Sebab masyarakat saat ini memang membutuhkan pelayanan yang mudah.

“Berkas yang masuk, langsung diproses penerbitan dokumen dan berkas yang dimasukkan bisa langsung diterima hari itu juga dan diterbitkan pada hari yang sama tanpa menunggu waktu lama,” ujarnya.

Menurut dia, sekalipun dirinya selaku kepala dinas tidak berada di kantor dengan penerapan TTE tersebut juga masyarakat tetap bisa mengurus dokumen kependudukannya.

“Sebab akta kelahiran atau KK baru bisa ditandatangani dari jarak jauh atau di luar kantor dan TTE ini terwujud maka pelayanan bagi warga masyarakat cukup mudah, cepat selesai dan gratis,” jelasnya.

Pihak juga mengimbau masyarakat yang datang untuk mengurus dokumen kependudukannya adalah masyarakat yang bersangkutan, tidak boleh diwakili. Hal ini agar data yang akan dimasukkan adalah data yang valid dan yang kedua data pengurusan tersebut bersifat gratis atau tidak dipungut biaya.

“Dari pada menyuruh orang lain, mending masyarakat datang sendiri dan pastinya gratis. Insya Allah akan langsung diterima dokumennya hari itu juga,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com