SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Urus UWT Bisa dari Rumah

  • Reporter:
  • Jumat, 10 Agustus 2018 | 10:48
  • Dibaca : 135 kali
Urus UWT Bisa dari Rumah
Mobil Blink yang akan menyambangi warga di setiap perumahan untuk pembayaran UWT dan pengurusan IPH mulai 13 Agustus mendatang. f dok bp batam

BATAM KOTA – Masyarakat kini semakin mudah untuk membayar Uang Wajib Tahunan (UWT) dan pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH). Tak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Lahan BP Batam, sebab akan ada mobil pelayanan yang akan menyambangi perumahan warga nantinya.

“Masyarakat tidak harus datang lagi ke kantor lahan untuk mengurus UWT. Dari rumah saja sudah bisa,” kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo saat peluncuran program BP Batam Layanan Keliling atau Blink, Kamis (9/8/2018).

Ia menambahkan, pelayanan menggunakan mobil tersebut untuk lebih mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Layanan yang berada di bawah Deputi V ini, sambungnya, akan mulai beroperasi pada tanggal 13 Agustus mendatang. Petugas akan turjun ke perumahan dan esoknya akan menginput data di Kantor BP Batam, begitu juga seterusnya.

“Pengambilan data dilakukan di lokasi tempat pelayanan, dekat kediaman masyarakat. Pengambilan dokumen yang sudah selesai diproses juga di sana, dalam mobil keliling itu,” ujarnya.

Lukita mengatakan, pihaknya berencana menambah kendaraan untuk memaksimalkan program tersebut kepada masyarakat. BP berkomitmen memberikan pelayanan yang cepat dan lebih pasti bagi masyarakat, khususnya bagian lahan.

“Dengan demikian, legalitas kepemilikan lahan lebih cepat. Bahwa kemudian dari situ dampak penerimaan meningkat pada IPH dan UWT, itu lain hal,” katanya.

Namun saat ditanya jumlah target peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), mantan Sekretaris Menko Perekonomian itu enggan membeberkan. “Berapa besar, belum bisa menghitung. Itu hanya dampak, tapi paling penting pelayanan. Karena kami sudah melakukan survei untuk Blink nanti akan beroperasi di mana saja,” kata Lukita.

Adapun jadwal keliling mobil Blink yakni di RW06 Kelurahan Baloi Kecamatan Lubukbaja pada 13-16 Agustus mulai pukul 08.30-16.00. Di antaranya, Perumahan Anggrek Permai Residence, Perumahan Anggrek Permai, Peruamahan Garden Point, Perumahan Baloi Paradise, Perumahan Baloi Mas Permai, Perumahan Baloi View dan Perumahan Kyisa Residence.

Kemudian di RW04 Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota pada 20-23 Agustus 2018 mulai pukul 08.30-16.00 yang meliputi Perumahan Orchid Park dan Perumahan Kembang Sari.

Selanjutnya di RW05 Kelurahan Seijodoh Kecamatan Batuampar pada 27-30 Agustus 2018 mulai pukul 08.30-16.00 yang meliputi Komplek Happy Valley Garden, Perumahan Sumber Agung, Perumahan Angkasa Utama, Perumahan Bumi Sarana, Perumahan Orchid Point dan Perumahan Jodoh Permai. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com