SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Waduk Kawal Ditarget Selesai Akhir Tahun

  • Reporter:
  • Kamis, 8 Februari 2018 | 10:58
  • Dibaca : 122 kali
Waduk Kawal Ditarget Selesai Akhir Tahun
Bupati Bintan Apri Sujadi meninjau Waduk Kawal. /M ROFIK

TOAPAYA – Pembangunan waduk Kawal di Gunungkijang dan Toapaya dengan luas 219 hektare (Ha) ditarget selesai akhir tahun. Hingga saat ini pengerjaannya oleh kontraktor PT Taruna Putra Pertiwi sebagai pelaksana proyek, mencapai 30 persen. Waduk ini nantinya akan menjadi pemasok air untuk kebutuhan warga Bintan dan Tanjungpinang.

“Waduk Kawal seluas 219 Ha ini merupakan proyek multi years dengan anggaran Rp84 miliar. Jadwal penyelesaiannya pertengahan 2019, namun digesa selesai akhir tahun ini,” kata Kordinator Lapangan Pembangunan Waduk Kawal dari Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Kepri Aswin, Rabu (7/2/2018).

Menurut dia, waduk dengan tangkapan air seluas 25,9 kilometer persegi dengan debit air sebesar 476,20 liter per detik, diperuntutkkan melayani kebutuhan air bersih warga Bintan dan Tanjungpinang. “Kami harapkan waduk ini bisa segera difungsikan lebih cepat dari perencanaan,” ujar Aswin.

Dia mengatakan, permasalahan lahan tidak menjadi persoalanm lagi, karena semua sudah diganti rugi dan sebagiannya hibah. “Sebagian besar lahan Waduk Kawal merupakan milik perusahaan perkebunan sawit PT Tirta Madu, tetapi sudah selesai,” kata Aswin.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, pembangunan Waduk Kawal menjadi salah satu solusi dalam mengatasi persoalan kebutuhan air bersih di Bintan, Tanjungpinang . Tidak dipungkiri bahwa air merupakan kebutuhan yang paling penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan. “Seiring bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan air besih bertambah pula. Maka perlu menyiapkan sumber air untuk kebutuhan masyarakat,” kata Apri.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com