SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Waduk Tembesi akan Dilelang

  • Reporter:
  • Minggu, 4 Maret 2018 | 10:31
  • Dibaca : 474 kali
Waduk Tembesi akan Dilelang
IST

BATAM KOTA – Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah mempersiapkan proses tender pengelola Waduk Tembesi yang saat ini sudah bisa difungsikan. Sudah ada 15 perusahaan yang menyatakan tertarik untuk mengelola waduk tersebut. Tidak hanya investor dalam negeri, tapi beberapa diantaranya perusahaan-perusahaan luar negeri yang sudah sangat berpangalaman.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana BP Batam Eko Budi Seopriyanto mengatakan proses lelang akan dibuka secepatnya. Setiap perusahaan yang ikut peserta lelang wajib mempresentasikan program yang ditawarkan kepada BP Batam. Hanya akan ada satu perusahaan terbaik yang berhak untuk mengelola dam Tembesi yang tidak jauh dari Jembatan Barelang tersebut.

“Kami harapkan semua perusahaan bisa mempresentasikan programnya dengan baik dan berkualitas, baik dari segi pengalaman ataupun finansial,” kata Eko, Sabtu (3/3/2018).

Untuk saat ini yang akan dilakukan lelang terbuka hanya Waduk Tembesi, sedangkan sisanya menuggu konsesi dengan PT Adhya Tirta Batam (ATB) selesai sampai 2020 mendatang. Itu sebabnya BP Batam hanya menawarkan satu waduk kepada investor yang ingin mengelola. Ke depan BP Batam akan menerapkan aturan produksi dan distribusi tidak boleh hanya satu perusahaan.

Hal itu menurut dia mengacu terhadap peraturan undang-undang yang ada. Namun perusahaan-perusahaan yang terpilih harus memiliki komitmen dan program yang baik untuk pembangunan Batam. Pasalnya air merupakan bagian yang sangat penting, maka itu harus dikelola dengan serius, baik terhadap penggolaan produksinya ataupun distribusinya.

“Jangan sampai dari hulu dan hilir yang mengelola air di Batam hanya ada satu manajemen saja”, jelasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com