SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Wakil Bupati Anambas Pantau Pilkades Serentak

  • Reporter:
  • Senin, 29 Oktober 2018 | 11:38
  • Dibaca : 62 kali
Wakil Bupati Anambas Pantau Pilkades Serentak
Warga di Kecamatan Palmatak menggunakkan hak suaranya untuk memilih kepala desa, Kamis (23/11/2017). /jhon munthe

ANAMBAS – Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra memantau proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diseleggarakan serentak di 22 desa, Minggu (28/10). Proses pilkades gelombang II berjalan lancar, aman, dan kondusif. Pilkades kali ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

“Alhamdulillah pilkades gelombang II tahun 2018 berjalan lancar. Semoga desa lain juga demikian,” kata Wan Zuhendra saat meninjau pilkades di Desa Sry Tanjung.

Wan mengapresiasi masyarakat Anambas karena telah memahami proses demokrasi di tingkat desa. Menurutnya, proses pemilihan kepala desa bisa menjadi acuan dalam Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Apalagi pilkades dilaksanakan di 22 desa sehingga bisa mencerminkan pesta demokrasi ke depannya.

“Semangat masyarakat untuk memilih cukup tinggi dan ini patut diberikan apresiasi karena mereka mulai memahami proses demokrasi,” katanya.

Agar proses pemilihan berjalan lancar, pemerintah daerah menurunkan empat tim untuk melakukan monitoring. Tim pertama dipimpin Asisten I Pemkab Anambas Zuhkrin ke Kecamatan Jemaja. Tim kedua dipimpin Wakil Bupati Wan Zuhendra ke Kecamatan Siantan dan Kecamatan Siantan Selatan. Tim ketiga dipimpin Yendi ke Kecamatan Siantan Tengah Palmatak. Tim keempat dipimpin Asmarullah Staf Ahli Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sementara Kepolisian Resort (Polres) Anambas menerjunkan  84 orang personelnya untuk melakukan pengamanan. Kapolres AKBP Junoto mengatakan, sampai saat ini situasi kemanan masih landai. “Dari laporan anggota di lapangan, sampai saat ini proses pilkades masih berjalan lancar  dan situasi aman terkendali, baik di Kecamatan Palmatak, Siantan, maupun Jemaja,” ujar Junoto, Minggu (28/10).

Kapolres mengungkapkan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengamanan plkades masih berjalan lancar, aman, dan kondusif. Ada 32 tempat pemilihan suara (TPS) di 22 desa yang menggelar pilkades. “Ada 22 desa secara serentak melaksanakan pilkades. Tim sudah kita bagi untuk mengawal jalannya pilkades dengan aman dan lancar. Sejauh ini semua masih berjalan baik,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com