SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Wali Kota Lepas JCH Kota Batam, Saling Jaga Kekompakan di Tanah Suci

  • Reporter:
  • Selasa, 2 Juli 2019 | 14:42
  • Dibaca : 87 kali
Wali Kota Lepas JCH Kota Batam, Saling Jaga Kekompakan di Tanah Suci
Wali Kota Batam Muhammad Rudi melakukan prosesi tepuk tepung tawar saat melepas JCH Kota Batam di Aula PIH, Batam Centre, Senin (1/7). f dok humas pemko batam

BATAMKOTA – Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad melepas Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Batam di Aula Pusat Informasi Haji (PIH), Batam Centre, Senin (1/7). Pelepasan ditandai dengan prosesi tepuk tepung tawar kepada perwakilan JCH Kota Batam. Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung menuturkan, jumlah JCH Kota Batam yang akan berangkat ke Tanah Suci sebanyak 672 orang.

Keberangkatan JCH Kota Batam dibagi ke dalam empat kelompok terbang (Kloter), yakni kloter 1, kloter 17, kloter 28 dan kloter 29. Riama menambahkan, bersama rombongan JCH ada Wakil Wali Kota Amsakar Achmad bersama istri, Erlita Sari Amsakar yang akan berangkat pada Kloter 28. Kepada JCH yang berangkat Pemko Batam juga memberikan sagu hati. Hal ini sebagai bentuk perhatian dari Pemko Batam, khususnya Wali Kota Batam.

“Jamaah yang berangkat pada kloter 1 sebanyak 256 orang, kloter 17 sebanyak 183 orang, kloter 28 sebanyak 227 orang dan kloter 29 sebanyak 4 orang,” ujarnya saat memberi sambutan dalam acara Pembukaan Pelatihan Manasik, Pelepasan dan Prosesi Tepuk Tepung Tawar JCH Kota Batam Tahun 1440 H.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi berpesan agar jamaah yang berangkat dapat menjaga kekompakan di antara sesama jamaah. Saat berada di Tanah Suci, ia mengimbau agar jamaah lebih banyak bersabar dan tidak mudah terpancing emosi.

“Saling bantulah, kalau kita sabar, saya yakin ada jalan keluarnya. Di sana sudah ada yang mengatur jadi ikuti saja dan jangan takabur,” ujarnya.

Rudi juga menyampaikan agar jamaah tidak khawatir menjalankan ibadah di Tanah Suci, termasuk keluarga yang ditinggalkan. Mengingat Wakil Wali Kota Batam juga turut serta sebagai jamaah yang akan berangkat haji, Rudi juga menitipkan jamaah kepadanya.

“Allah akan melindungi dan kami di sini akan diberi kekuatan untuk menjaga keluarga bapak/ibu di sini. Kalau ke saya sulit, sampaikan ke Pak Wakil nanti Pak Wakil yang sampaikan ke saya. Kepada jamaah saya mohon doa agar Batam aman, damai dan lancar dalam melaksanakan pembangunan,” pesannya.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Batam, Amanudin mengatakan, sudah banyak peningkatan dalam pelaksanaan ibadah haji baik dari pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi. Kini jamaah sudah mendapat makanan baik saat beribadah di Madinah, Mekah maupun di Muzdalifah. Ia menjelaskan bahwa setiap 10 orang jamaah akan didampingi oleh ketua regu.

“Ada juga ketua Kloter. Jadi bapak ibu tidak usah khawatir karena sudah dilindungi dan didampingi oleh petugas. Sehingga jamaah akan nyaman melaksanakan ibadah haji. Kami juga akan terus memantau bagaimana kondisi jamaah haji di Tanah Suci,” katanya.

Perwakilan JCH Batam, Bukhori menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemko Batam. “Kami minta supaya keberangkatan kami selamat dan dapat menjalankan rukun Islam ke-5 dengan sempurna serta selamat, dan dapat menjalankan ibadah yang sudah kami jalankan. Insya Allah kami akan mendoakan seluruh masyarakat dan pejabat Kota Batam sehingga Batam menjadi kota madani,” ujarnya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com