SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Warga Batuaji Minta Perbaikan Infrastruktur

  • Reporter:
  • Rabu, 15 Maret 2017 | 13:41
  • Dibaca : 458 kali
Warga Batuaji Minta Perbaikan Infrastruktur
Dok KORAN SINDO BATAM.

BATUAJI – Kecamatan Batuaji menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Hotel D’Merlion, Senin (13/3). Dalam kegiatan yang dihadiri Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, Senator asal Kepri Haripinto Tanuwidjaja dan sejumlah anggota DPRD Batam, warga Batuaji meminta pemerintah fokus dalam perbaikan infrastruktur, seperti perbaikan jalan rusak, perbaikan drainase dan pengadaan fasilitas pendidikan.

Perwakilan warga dari empat kelurahan, yakni Kelurahan Kibing, Buliang, Bukit Tempayang dan Tanjungnncang mengusulkan prioritas perbaikan jalan utama serta jalan perumahan yang belum tersentuh semenisasi, perbaikan drainase dan kekurangan ruang kelas belajar (RKB) di sejumlah sekolah di Kecamatan Batuaji.

Salah seorang warga, Arga mengatakan, usulan-usulan tersebut sudah sering kali diajukan dalam musrenbang tingkat kelurahan ataupun kecamatan. Dia berharap pada musrenbang tahun ini bisa direalisasikan. “Sekarang sudah sangat mendesak, seperti di Kelurahan Buliang drainasenya harus segera dinormalisasi. Jika tidak dampaknya akan langsung ke masyarakat, banjir yang selama ini terjadi,” ujarnya.

Selain permasalahan drainase, warga empat kelurahan juga mengusulkan untuk perbaikan jalan raya yang rusak serta semenisasi jalan di lingkungan perumahan. “Kami harap pemerintah bisa mendahuli kepentingan masyarakat yang sudah mendesak,” katanya.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menuturkan, semua usulan warga akan ditampung dan akan dilanjutkan ke musrenbang tingkat kota. “Tidak bisa semua direalisisasikan, hanya 50 persen saja yang benar-benar diprioritas. Karena anggaran juga terbatas, jadi memang disaring lag,” kata Amsakar.

Untuk tahun ini, pemerintah tengah memfokuskan peningkatan infrastruktur jalan raya. Begitu juga di wilayah Batuaji, prioritas pembangunan juga akan difokuskan pada pelebaran dan pembangunan jalan. “Dana harus dibagi-bagi. 30 persen untuk pembangunan infrastruktur, 20 persen pendidikan, 10 persen kesehatan dan sisanya untuk kepentingan lain-lain,” ujarnya.

Sementara untuk drainase juga sangat penting, namu perbaikannya harus bertahap dan tidak bisa dilakukan serentak. Karena saat ini masih fokus pada pelebaran jalan untuk menata kota. “Kami akan memberikan solusi jangka pendek dengan pengadaan tujuh unit alat berat untuk menormalisasi drainase yang sudah ada,” katanya.

Camat Batuaji Frid Kalter menuturkan, usulan-usulan masyarakat akan ditampung kemudian disaring lagi mana yang betul-betul prioritas, akan dilanjutkan ke musrenbang tingkat Kota Batam. Pada Musrembang Kecamatan Batuaji, terdapat sekitar 50 usulan yang didominasi dengan pembangunan infrastruktur. “Kami akan ambil 50 persen yang menjadi prioritas untuk dilanjutkan ke tingkat kota,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com