SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Warga Kecewa Mesin e-KTP Rusak

  • Reporter:
  • Senin, 18 Desember 2017 | 10:16
  • Dibaca : 114 kali
Warga Kecewa Mesin e-KTP Rusak
ilustrasi

ANAMBAS – Sejumlah warga Anambas yang mau merekam data pribadi untuk pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) terpaksa harus kecewa. Jauh-jauh datang dari daerahnya ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, rupanya mesin cetak e-KTP rusak.

Sepanjang pekan kemarin, warga yang sudah datang hanya menerima surat keterangan pengganti. Warga datang dari berbagai daerah di kabupaten itu. Berdasarkan pantauan KORAN SINDO BATAM, warga datang di kantor dinas sejak pagi. Tapi sampai di kantor, orang-orang resah karena batal mendapat e-KTP. Mereka juga kecewa karena sudah keluar biaya dari pulau-pulau untuk mengurus e-KTP ke Tarempa yang merupakan ibukota Kabupaten Anambas.

“Selain biaya transportasi, kami juga harus mengeluarkan biaya penginapan. Selain materi, waktu juga banyak terbuang karena tidak mendapat E-KTP,” ujar salah satu masyarakat dari Desa Kuala Maras Kecamatan Jemaja Timur, Ridwan pekan kemarin.

Ridwan satu dari ratusan warga harus menerima surat keterangan pengganti. Ridwan juga terpaksa kembali ke Desa Kuala Maras yang berada di Pulau Jemaja karena mesin belum bisa diperbaiki segera. Adapun Pulau Jemaja terletak di Barat Daya Pulau Siantan dan menyebrang lautan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Anambas Agus Basir mengatakan surat keterangan tetap sah digunakan untuk pengganti e-KTP yang berlaku selama enam bulan. “Ini hanya bersifat sementara, nanti kalau mesin sudah diperbaiki maka bisa e-KTP dicetak lagi,” ujar dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com