SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Warga Kuda Laut Tolak Pengukuran Batas Lahan

  • Reporter:
  • Rabu, 21 Agustus 2019 | 10:12
  • Dibaca : 98 kali
Warga Kuda Laut Tolak Pengukuran Batas Lahan
Ratusan warga Kuda Laut, Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral, Karimun menolak pengukuran lahan di daerah mereka, Selasa (20/8). /ERNIS HUTABARAT

KARIMUN – Ratusan warga Kuda Laut, Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral sepakat menolak pengukuran lahan yang mereka tempati kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Karimun. Ratusan masyarakat meminta pihak yang mengaku pemilik lahan untuk menunjukkan legalitas surat-menyurat yang sah sebelum dilakukan pengukuran.

Warga menuding tindakan BPN dalam melakukan pengukuran tidak tepat dan tidak berdasar, yang mana menurut warga, BPN tidak memiliki bukti dasar untuk melakukan pengukuran batas-batas pada tanah yang saat ini diketahui masih sengketa.

“Apa dasar mereka (BPN). Sebaiknya yang mengaku ahli waris harus menunjukkan bukti kepemilikan melaui surat yang dimiliki, barulah BPN dapat melakukan pengukuran dari batas-batas, inikan tak punya,” ujar kuasa hukum warga Ahmad Muhajir, Selasa (20/8).

Muhajir menjelaskan, pihaknya telah melakukan kesepakatan bersama BPN Karimun bahwa proses pengukuran lahan tersebut ditunda hingga pihak yang mengaku ahli waris dapat menunjukkan bukti sah kepemilikan secara terbuka.

“BPN dan ahli waris tidak dapat menunjukkan legalitas kepemilikan lahan makanya kita minta ditunda. Kita bersedia melakukan pematokan batas-batas tapi dengan catatan ahli waris menunjukkan bukti kepemilikannya,” tegasnya.

Dia mengingatkan pihak yang mengaku ahli waris untuk segera menunjukkan bukti legalitas kepemilikan yang dimiliki. Dia menjelaskan pihaknya juga dapat mengadukan persoalan tersebut atas dugaan keterangan palsu.

“Kita bisa laporkan atas dugaan keterangan palsu dan unsur tindakan pidana. Makanya kita minta segera menunjukkan bukti-bukti yang dimiliki,” katanya.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com