SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Waspadai Travel Umrah Abal-Abal

Waspadai Travel Umrah Abal-Abal
ilustrasi travel

Datang ke Rumah Warga, Tawarkan Harga Murah

Kementerian Agama mengendus travel umrah abal-abal yang menawarkan tarif murah di bawah Rp20 juta untuk keberangkatan Ramadan dan Idul Fitri. Tawaran mereka menggiurkan, karena itu Kemenag meminta warga waspada.
====
Faizah (32) lancar bercerita ketika ditanya soal adanya tawaran umrah ke tanah suci yang datang kepadanya, beberapa bulan lalu. Saat itu, ada orang yang mengaku dari travel umrah di Jakarta menawarkan paket umrah hanya Rp15 juta.

“Katanya itu biaya untuk umrah selama dua minggu,” kata Faizah, kemarin.

Ia hampir saja menyambut tawaran itu. Kebetulan, ia dan suaminya memang berniat berumrah. Uangnya sudah ia siapkan. Bahkan, semua proses administrasi juga hampir rampung. Untungnya, di tengah persiapan itu, ia banyak bertanya pada kenalannya. Ia juga rajin bertanya tarif normal umrah di travel-travel Batam.

“Perbedaannya lumayan jauh, travel resmi harganya sekitar Rp25 jutaan. Daripada ambil resiko mendingan yang jelas-jelas saja,” ucap warga Bengkong itu.

Tawaran lain juga datang pada Menik (38), warga Bengkong Kodim. Bahkan, harganya lebih murah lagi, hanya Rp12 juta lebih. Saat itu, kata Menik, ada marketing dari sebuah biro travel yang memaparkan umrah murah datang ke rumahnya.

“Dia datang kerumah saya, saya lupa dari mana travelnya,” ungkapnya, kemarin.

Namun ia menolak karena sudah diwanti-wanti suaminya. “Suami saya juga ngingatin, hati-hati ada penawaran paket umrah murah,” paparnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkifli Aka mewanti-wanti warga agar waspada. “Tidak masuk akal tarif di bawah Rp20 juta bisa pergi umrah. Banyak keluhan masuk, tapi tidak perlu saya sebut nama biro travelnya,” ujar Zulkifli Aka di Batam Centre, kemarin.

Zulkifli memastikan pihaknya mengawasi biro-biro umrah. Tapi masyarakat tetap perlu hati-hati dan waspada memilih biro travel umrah. Yang pertama harus diperhatikan adalah izin biro. Saat ini jumlah biro yang terdaftar di Batam ada sekitar 15 biro.

Sesuai aturan, biro travel umrah yang menawarkan produknya di Batam harus memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya harus membuka kantor cabang di Batam dengan memiliki akte notaris.

Selanjutnya mendaftarkan ke Kantor Kemenag Kota Batam serta peresmian kantor tersebut. “Bukan sekadar launching biasa saja. Harus ke notaris. Itu syaratnya,” ujarnya.

Persyaratan tersebut harus dipenuhi karena Kantor Kementerian Agama adalah salah satu lembaga yang dimintai oleh Kantor Imigrasi Kelas I Kota Batam untuk menerbitkan rekomendasi paspor umrah.

“Kemarin yang datang minta rekomendasi. Karena tidak memenuhi syarat, kami tolak. Syarat ini sudah diumumkan dan biro perjalanan terus kami awasi,” jelasnya.

Lewat paspor ini akan mudah mengawasi jamaah yang berangkat umrah berdasarkan identitas paspor yang dimiliki. Setelah visa paspor habis, pihaknya kembali mengecek di lapangan apakah jemaah tersebut telah kemabli ke Indonesia atau tidak. Sebab pernah kejadian ada yang berangkat umrah tapi tidak kembali lagi.

Terkait dengan harga umrah yang bervariasi, Zulkifli meminta kepada biro perjalanan untuk profesional menentukan harga.

Kementerian Agama telah membentuk Asosiasi Travel Haji dan Umrah Kota Batam untuk menjaga keseimbangan biaya antara biro perjalanan umrah.

Setiap jamaah yang ingin berumrah harus memastikan lima hal. Pertama, pastikan siapa biro perjalanan atau travel apakah memiliki izin resmi atau tidak dengan mengecek www.haji.kemenag.go.id. Kedua, pastikan jadwal penerbangan atau maskapainya.

Ketiga, pastikan harga dan paket yang ditawarkan dari harga yang ditentukan, keempat, pastikan hotelnya dan kelima, pastikan visanya.

“Seluruh asosiasi bisa ikut mensosialisasikan lima pasti berumrah ini, agar masyarakat kita tidak ditipu,” ujarnya.

Pemerintah juga sedang mengkaji dan menyusun peraturan tentang standar harga umrah di Indonesia. Meski demikian, perbedaan harga itu tetap akan terjadi dalam persaingan bisnis tersebut karena tempat penginapan yang ditawarkan kepada masyarakat berbeda-beda.

“Biro itu juga harus tranaparan. Misalkan biaya Rp28 juta, apa saja yang diberikan. Tidur di mana, perjalanan ke Mekkah berapa jam. Jangan tidak sesuai yang ditawarkan dengan kenyataan seperti beli kucing dalam karung,” katanya.

Tindak Tegas
Anggota DPRD Kota Batam Safari Ramadhan meminta pemerintah menindak tegas biro perjalanan nakal. Masyarakat juga diingatkan tidak mudah terlena dengan ajakan bisnis travel murah.

Menurut dia, menjamurnya agen travel umrah yang berlomba-lomba pasang harga murah disebabkan karena banyaknya animo masyarakat untuk pergi ibadah umrah.
“Sekarang ini memang lagi bagus-bagusnya bisnis travel umrah. Tapi, travel dengan harga murah itu tidak akan berkembang,” katanya di Batam Centre, Minggu (7/5).

Menurut dia, agen perjalanan umrah dan haji harus mengikuti regulasi yang diatur Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh.

Selain itu juga ada Peraturan Pemerintah tetang izin mendirikan travel haji dan umrah. Untuk bisa mendapatkan ijin, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya sudah dua tahun beroperasi melayani biro perjalanan ke luar negeri, setelah itu baru melayani umroh dan haji plus.

Syarat lainya harus memiliki NPWP, memiliki kantor yang berdomisili di pusat maupun di Batam. Selain itu kalau konsorsium juga harus disaksikan notaris dan tanda tangan antar direktur utama.

“Ini yang membedakan antara broker dengan travel yang resmi,” ujar Safari.

Safari mengaku sering mendapatkan tawaran umrah dengan biaya murah. Namun politikus PAN itu menolak karena biaya perjalanan yang ditawarkan tidak sesuai dengan biaya standar umumnya. Biaya perjalanan umrah dari Batam sesuai perhitungan mestinya Rp20 juta ke atas. “Itu sudah termasuk visa. Jadi kalau ada yang dijual di bawah itu patut dicurigai,” ujarnya.

Imbasnya, belakangan praktik penipuan umrah mulai terbongkar setelah banyak calon jamaah umrah gagal pergi ke Tanah Suci gara-gara dibohongi biro travel yang nakal.

Calon jamaah banyak yang ditinggal agen ketika sudah sampai bandara keberangkatan di Indonesia. Agen menghilang, kalaupun ada, calon jemaah haji terpaksa keluar uang tambahan dalam jumlah besar di luar kesepakatan.

Safari mengungkap jamaah umrah yang gagal berangkat hanya menginap di hotel yang ada di bandara. Mereka berputar-putar atau berpindah-pindah dari satu hotel ke hotel lain.

“Alasan dari pihak travel umrah pun macam-macam, ada yang mengaku belum punya tiket, visa yang belum ke luar dan berbaga dalih lainnya,” katanya.

Kemenag Kota Batam diminta untuk bekerja sama dengan kepolisian dalam penataan travel penyelenggaraan haji dan umrah, jika ada penipuan berdasarkan delik aduan dari masyarakat bisa langsung ditindak tegas. Hal ini dilakukan guna melindungi masyarakat dan calon jemaah haji dan umrah supaya tidak tertipu oleh oknum yang mengatas namakan biro perjalanan.

“Di Batam ini sudah banyak usaha travel tetapi masih ada yang belum memahami syarat-syarat perijinan. Inilah peran pemerintah sekalgus menertibkan broker yang hanya mencari orang untuk diberikan ke travel perjalanan dengan mengharapkan komisi,” kata Ketua PAN Kota Batam itu.

teuku bayu/iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com