SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Wings Air Terbangi Batam-Dabosingkep

  • Reporter:
  • Sabtu, 21 September 2019 | 10:11
  • Dibaca : 95 kali
Wings Air Terbangi Batam-Dabosingkep
Bupati Lingga Alias Wello dan staf Bandara Dabosingkep menyambut tim rombongan Wings Air di Bandara Dabo saat menjajal landasan pacu bandara Dabosingkep beberapa waktu lalu. /IST

LINGGA – Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, pada awal Oktober 2019, Maskapai penerbangan Wings Air, resmi melayani penerbangan Batam–Dabosingkep dan sebaliknya. Penerbangan nantinya menggunakan pesawat jenis ATR 72 berkapasitas 72 tempat duduk.

Menurut Awe, sapaan akrab Bupati, jadwal penerbangan nantinya tiga kali dalam seminggu. Adapun tepatnya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Dari Batam berangkat pukul 12.30 dan dari Dabo pukul 13.45.

“Kita baru selesai rapat dengan Direksi Wings Air dan diputuskan penerbangan perdana dijadwalkan 1 Oktober 2019 dari Batam–Dabo,” terang Awe, Jumat (20/9).

Menurut dia, sejumlah langkah terus dilakukan untuk membuka akses transportasi di Kabupaten Lingga, apabila sebelumnya hanya pesawat Susi Air yang melayani rute dari Bandara Dabo Singkep, ke depanya akan ditambah satu lagi pesawat komersial yaitu Wing Air.

Hal ini merupakan terobosan di bidang perhubungan yang memang jadi keinginan Alias Wello, saat menjabat sebagai Bupati. Selain angkutan udara, jalur laut juga semakin terbuka dengan menggunakan kapal roll on roll off (roro).

Untuk diketahui, Bandara Dabo saat ini memiliki kemampuan operasi untuk penerbangan pesawat jenis Foker 50 dengan panjang landasan 1.300 meter x 30 meter, panjang taxiway seluas 95 meter x 15 meter dan luas apron 146,5 x 28.

Dalam dua tahun terakhir, Bandara Dabo terus melakukan perpanjangan landasan agar dapat melayani jenis pesawat yang lebih besar lagi. Adapun ambisi dari Bandara Dabo dan Pemkab Lingga mengajak operator pesawat komersil untuk melayani rute penerbangan komersil, bercermin tingginya minat pasar penumpang di daerah itu.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com