SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Wujud Transparansi Informasi Publik, Dana Desa Dipajang di Baliho

  • Reporter:
  • Senin, 30 Oktober 2017 | 11:00
  • Dibaca : 392 kali
Wujud Transparansi Informasi Publik, Dana Desa Dipajang di Baliho
Baliho papan informasi realisasi penggunaan APBDes Teluk Sasah Kecamatan Seri Kuala Lobam, wujud transparansi informasi publik terkait penggunaan alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD). /M ROFIK

SERIBENTAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, mewajibkan pemerintah desa untuk memasang baliho yang menjelaskan tentang realisasi penggunaan dana desa. Ini untuk mencegah fitnah dan sebagai bentuk tanggung jawab moral, serta mewujudkan transparansi kepada publik.

Kepala Dinas PMD Bintan Ronny Kartika mengatakan, setiap desa wajib menempelkan baliho, di tempat strategis atau titik keramaian di desa tersebut, yang isinya realisasi penggunaan dana desa.

“Penggunaan dana desa harus transparan, tidak ada yang ditutup-tutupi. Juga sebagai wujud pemenuhan hak masyarakat dalam informasi publik,” kata Ronny, di Toapaya, Minggu (29/10).

Ronny juga mengingatkan, dana desa hanya boleh dikelola oleh desa melalui musyawarah desa. Jika dikelola yayasan, berisiko digunakan untuk kepentingan individu. Ia menegaskan, kalau dikelola oleh individu, maka bisa berurusan dengan hukum.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com