SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Yanti Tipu Belasan Ibu Rumah Tangga

  • Reporter:
  • Jumat, 14 April 2017 | 11:20
  • Dibaca : 511 kali
Yanti Tipu Belasan Ibu Rumah Tangga
Foto Aini Lestari

BATAM KOTA – Sebanyak 18 ibu rumah tangga tertipu dengan kerugian total mencapai Rp5,4 juta. Mereka diimingi kerja oleh Darmayanti alias Yanti menjadi petugas kebersihan di Kantor Wali Kota Batam.

Hal ini terungkap dalam persidangan perkara penipuan di Pengadilan Negeri Batam, Kamis (13/4), dengan Yanti sebagai terdakwa. Dia didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Andi Akbar dengan pasal 378 KUHP.

Selama persidangan, Yanti tampak hanya menundukkan wajahnya sembari mendengarkan kesaksian para saksi. Saksi yang dihadirkan yakni sejumlah ibu rumah tangga yang menjadi korban penipuannya.

“Ibu Yanti bilang kalau ada pekerjaan menyapu di kantor wali kota dan kalau mau kerja, harus bayar Rp400 ribu per orang,” kata salah seorang saksi.

Saksi juga mengaku bahwa mereka rela mengeluarkan uang Rp400 ribu tanpa rasa curiga sedikitpun. “Karena kami pikir kerjanya di kantor wali kota, jadi tidak mungkin menipu,” kata saksi lainnya.

Sementara itu, Yanti yang langsung diperiksa dalam persidangan tersebut mengaku bahwa tawaran pekerjaan itu hanya modusnya untuk mendapatkan uang dari para korban.

Dia mengaku, sebagai seorang berstatus janda dan harus menghidupi empat orang cukup kesulitan dalam hal ekonomi. “Pekerjaan itu tidak ada sebenarnya, Yang Mulia. Uangnya untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Yanti sembari menahan tangis.

Yanti juga mengaku sangat menyesali perbuatannya. Dia juga merasa kasihan dengan anak-anaknya yang kini hidup tanpa kedua orang tua. “Anak-anak saya tidak ada yang mengurus, Yang Mulia,” katanya.

Majelis hakim Syahrial, Taufik Nainggolan dan Jasael mengaku iba. Namun mereka menyatakan hal tersebut bukan menjadi alasan pembenaran perbuatan terdakwa.

Usai mendengarkan kesaksian para saksi serta keterangan terdakwa, majelis hakim memutuskan untuk menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda tuntutan dari jaksa.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com