SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Yusfa Jabat Asisten Wali Kota, Rustam Jadi Plt Kadishub

  • Reporter:
  • Kamis, 28 Juni 2018 | 16:17
  • Dibaca : 338 kali
Yusfa Jabat Asisten Wali Kota, Rustam Jadi Plt Kadishub
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAM KOTA – Pemerintah Kota (Pemko) Batam merotasi sejumlah pejabat eselon 2. Salah satunya adalah Yusfa Hendri yang ditarik menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan. Sedangkan Kadishub dijabat Rustam Efendi yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dishub.

“Kepala Dishub untuk sementara kosong, Kamis (hari ini) akan dibuka lelang. Sementara Plt kita tunjuk sekretaris Dishub,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi usai melantik para pejabat Pemko Batam di kantornya, Rabu (26/6/2018).

Adapaun M Syuzairi yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, kini menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Jabatan itu ditinggal pejabat lama, Gintoyono Batong yang akan memasuki masa pensiun mulai 1 Juli 2018.

Jabatan yang ditinggalkan M Syuzairi, dijabat oleh Yusfa Hendri yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam.

Rudi bahwa ada tiga posisi Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang saat ini masih kosong. Yakni Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan (Perkim), Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Dishub. Karena itu pengumuman lelang akan dilakukan sekaligus untuk tiga jabatan ini.

Kendati sejumlah pejabat eselon III sudah mengikuti talent pool yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Negara (BKN), tak berarti langsung lolos begitu saja. Namun dengan mengikuti talent pool artinya salah satu persyaratan sudah dilewati calon Kepala Dinas.

“Karena masih ada lagi persyaratan lain yang harus dilewati. Tapi kita harapkan proses seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama ini bisa selesai cepat,” katanya.

Setidaknya, kata dia dapat dirampungkan dalam waktu tiga pekan. Sehingga ketiga posisi yang kosong ini segera mendapat pejabat definitifnya.
Adapun pelaksana tugas untuk tiap posisi yaitu Eryudhi Apriadi (Dinas Perkim), Hendri Arulan (Dinas Pendidikan), Rustam Efendi (Dinas Perhubungan).

Selain dua pejabat eselon II tersebut, Rudi juga melantik dan mengukuhkan lima pejabat eselon IV di lingkungan Pemko Batam. Yaitu Kepala dan Kasubbag Tata Usaha UPTD Pusat Pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Nilam Suri Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat yang sebelumnya bernama UPT Panti Rehabilitasi Sosial Nilam Suri.

Kemudian Kepala dan Kasubbag Tata Usaha UPTD Pelayanan Bidang Perikanan Dinas Perikanan, yang sebelumnya bernama UPT Kawasan Konservasi Perairan. Serta Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Dinas Pendidikan yang sebelumnya bernama UPT Sanggar Kegiatan Belajar

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, M Syahir mengatakan pihaknya menargetkan proses seleksi berlangsung paling lama satu bulan. Sebelum 1 Agustus 2018 mendatang diharapkan sudah ada pejabat yang menduduki ketiga jabatan tersebut.

“Bagi peserta seleksi yang sudah mengikuti talent pool maka tidak perlu melewati proses assessment test lagi. Karena sudah dilakukan saat talent pool BKN. Tinggal membuat makalah, presentasi, wawancara. Untuk syarat masih sama, minimal eselon IIIA dengan pangkat minimal IV/a,” kata Syahir.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com