Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

400 km dalam sekali jalan: Hyundai Kona Elektro berlari jarak jauh

400 km dalam sekali jalan
Hyundai Kona Elektro mengelola jangka panjang

Bagi banyak orang, skeptisisme tentang mobil listrik masih berlaku. Tetapi Hyundai Kona Elektro menunjukkan: dalam hal biaya, jangkauan, penggunaan sehari-hari, dan kesenangan berkendara, hampir tidak ada kekurangan nyata dan bahkan beberapa keuntungan. Jika Anda tidak mengemudi dengan sangat cepat, Anda mungkin akan menempuh jarak lebih dari 400 km dengan Kona.

Banyak pengemudi masih percaya bahwa mobil listrik tidak lagi cocok untuk perjalanan jauh meskipun jangkauannya terus meningkat. Namun, dengan Hyundai Kona Elektro, kita bisa secara praktis meyakinkan diri kita sendiri tentang hal yang sebaliknya. Dalam dua minggu, kami dapat menyiarkan lebih dari 2.000 km dari Cologne ke berbagai tujuan di Jerman. Tidak ada masalah, meskipun fleksibilitas dan kesabaran terkadang diperlukan. Pada gilirannya, Kona merusak propulsi yang menyenangkan dan biaya energi yang rendah. Itu membuatnya mudah dilakukan tanpa mesin pembakaran.

Kona Elektro tidak memiliki tutup pengisi bahan bakar klasik. Ada penutup koneksi pengisian daya di celemek depan.

(Foto: Hyundai)

Baterai ukuran besar terutama bertanggung jawab untuk ini. Orang Korea mengatakan 64 kWh, yang juga dapat digunakan dalam praktik sejauh ini. Bahkan saat berkendara di jalan raya, penghalang sementara ini cukup untuk bersantai 400 kilometer sekaligus. Dan untuk ini Anda tidak perlu merangkak di belakang truk, tetapi Anda dapat, seperti dalam kasus kami, melakukan perjalanan dengan kecepatan 120 km / jam. Jika Anda mengemudi dengan kecepatan lebih lambat, kemungkinan Anda juga akan berlari sejauh 484 kilometer dengan Kona, yang merupakan maksimum yang diukur oleh WLTP.

Prospeknya stabil

Dengan suhu luar ruangan di musim panas dan 120 km/jam, konsumsi biasanya hanya lebih dari 15 kWh, jadi bahkan setelah perjalanan sehari terpanjang – perjalanan sekitar 335 km ke Jerman utara – masih ada cadangan yang layak. Hal yang meyakinkan tentang hal itu: Jika Anda mengatur cruise control ke 120, perkiraan jangkauan tetap stabil dan andal.

Di masa lalu, Stromer memberi pengemudi cepat satu atau dua guncangan di jalan raya, karena mereka sering mogok jika ingin berada di jalan lebih cepat. Ini tidak terjadi pada tur kami dengan Kona. Kadang-kadang, cadangan daya diperkirakan akan sedikit ketat, yang tidak lagi menjadi penyebab kegugupan di jalan raya Jerman, karena stasiun pengisian cepat berikutnya tidak pernah jauh.

Jalankan dengan unduhan cepat

Dalam kasus Kona, masih ada ruang untuk perbaikan dalam hal pengisian cepat. Maksimum 79 kW harus dimungkinkan, dan dalam praktiknya antara 44 dan 73 kW baterai dapat digabungkan menjadi poros yang berbeda dalam penerbangan. Idealnya, dibutuhkan satu jam yang baik dari kosong hingga penuh. Mobil elektronik lainnya sekarang lebih cepat. Namun, bahkan dengan Kona, beberapa menit pada pengisi daya cepat seringkali cukup untuk mengisi bahan bakar yang cukup untuk jarak yang tersisa.

Dalam perjalanan 330 kilometer dari Boxberg ke Cologne, kami dua kali menumpuk pengisi daya cepat, karena kami memulai dengan baterai yang hanya terisi 70 persen. Istirahat disambut dan menghibur, karena Anda sering bertemu pengguna e-car lain di pengisi daya cepat yang melaporkan pengalaman listrik mereka. Tak satu pun dari mereka tidak puas dengan nasibnya.

Bintik putih besar di infrastruktur pengisian daya.

Di stasiun pengisian dengan kapasitas 11 kW, dibutuhkan lebih dari 5 jam untuk mengisi baterai; Dan itu bisa memakan waktu lebih dari 30 jam di soket rumah tangga. Dalam beberapa minggu terakhir kami telah memanfaatkan semua opsi pengisian daya ini, karena di beberapa tujuan stasiun pengisian daya umum sangat jauh sehingga kami harus menggunakan pengisian daya untuk waktu yang lama dengan listrik rumah tangga. Selama bermalam di bagian kota yang lebih kecil, tidak ada satu pun stasiun pengisian daya umum dan dalam kasus kami juga tidak ada soket dok pribadi. Ini juga salah satu hasil pengujian langsung kami: di Jerman, masih ada titik putih yang sangat besar di infrastruktur pengisian daya.

Tentu saja, konsumsi yang relatif rendah pada perjalanan kami juga disebabkan oleh aktivasi yang berlaku dalam mode ekonomi, yang, bagaimanapun, tidak terasa seketat mode ekonomi di dunia mesin pembakaran. Saat Anda menginjak gas dengan keras, penggerak roda depan 150 kW / 204 hp dan 395 Nm menarik ke depan dengan sangat baik, secara spontan dan tampaknya mudah bahkan dalam situasi mengemudi apa pun. Baik itu sprint lampu lalu lintas, sprint rata-rata atau manuver menyalip – meskipun beratnya 1,8 ton, kendaraan ini menyampaikan rasa kedaulatan.

Kona dalam mode olahraga

Dorongan ke depan menjadi hampir brutal dalam mode Sport, dengan Kona berada di atas keraguan tentang waktu sprint 7,6 detik. Jika roda depan dimiringkan di bagian atas kurva, mereka mengomentari akselerasi yang kuat di luar dengan rengekan liar. Beberapa orang yang lewat terkejut bahwa sumber kebisingan yang bergejolak itu adalah SUV kecil, dan bukan bangunan mid-engine lebar, low-profile, asal Italia. Dan setidaknya dalam mode Sport, Kona bagus di tikungan.

Jika gaya lateral menjadi terlalu besar, dan di sini bobot keseluruhan ikut berperan meskipun pusat gravitasi lebih rendah, ia cenderung mendorong lebih keras di atas roda. Kona bukan mobil sport, tapi Anda tetap bisa menikmati SUV kecil.

Cocok untuk penggunaan sehari-hari dengan banyak pembantu

New_Hyundai_Kona_Electric__15_.jpg

Mereka terlihat bagus, tetapi banyak bahan interior dalam peningkatan kualitas kecil Kona Elektro akan terlihat bagus.

(Foto: Hyundai)

Pada saat yang sama, sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Karena bodinya yang berukuran 4,21 meter, bagasi dan buritannya cukup besar dan bisa digunakan dalam berbagai cara. Di depan, Anda memiliki banyak ruang untuk berkembang. Ada juga rak praktis, layar sentuh raksasa, dan beberapa asisten yang menjaga mobil tetap di jalurnya untuk waktu yang sangat lama, meskipun pengemudi tidak mengemudi.

Bahasa Korea juga ditempatkan secara ideal dalam hal konektivitas, karena memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan AC dalam ruangan dari jarak jauh menggunakan aplikasi dan smartphone. Dan berdasarkan permintaan, detail kenyamanan seperti AC dua zona otomatis, tampilan head-up, penyesuaian kursi listrik, pemanas roda kemudi, atau kamera belakang tersedia berdasarkan permintaan.

Tidak murah

Namun, Kona tidak murah. Dengan baterai 39 kWh yang lebih kecil harganya mulai dari €35.650, dan dengan baterai yang lebih besar harganya €41.850. Jika Anda memesan beberapa tambahan, Anda dapat mendorong harga versi yang lebih tinggi menjadi lebih dari 47.000 euro. Setelah dikurangi bonus lingkungan sebesar 9.570 euro, harga pembelian dengan baterai besar seharusnya berkisar antara 32.000 dan 37.000 euro.

Pada gilirannya, Stromer juga memberikan banyak potensi penghematan, misalnya dalam pajak kendaraan, asuransi, perawatan dan energi. Pengisian penuh di soket rumah tangga, di mana satu kilowatt-jam sekitar 30 sen, adalah sekitar 20 euro. Tergantung pada gaya mengemudi dan rute, itu bisa mencapai 400 kilometer, jadi Anda perlu menghitung sekitar 5 euro untuk 100 kilometer. Bahkan diesel yang paling ekonomis pun tidak dapat melakukan ini.

READ  Ini adalah berapa banyak uang yang akan Anda dapatkan dalam pensiun tanpa pajak. Lihat akun terbaru! [8.10.21]