Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

5 Planet Bulan akan berbaris dalam “parade planet” yang indah minggu ini

5 Planet Bulan akan berbaris dalam “parade planet” yang indah minggu ini

Ada acara menyenangkan di langit yang menunggu para penikmat minggu ini: kesempatan untuk melihat lima planet, bulan, dan konstelasi dalam apa yang disebut “parade planet”.

Pertunjukan tersebut akan terlihat sepanjang minggu, tetapi paling banyak terlihat pada Senin malam, 27 Maret, menurut Almanak Petani Tua.

Untuk menyaksikan acara spesial ini, pergilah ke dark sky park atau area pedesaan yang jauh dari polusi cahaya, dengan pemandangan langit dan cakrawala yang tidak terhalang. Dengan menggunakan teropong atau teleskop, lihat ke barat sekitar 20 menit setelah matahari terbenam untuk melihat, dari kiri ke kanan, gugusan bintang yang dikenal sebagai Messier 35, Mars, Bulan, Uranus, Venus, Jupiter, dan Merkurius, semuanya berbaris di tempat yang tak terlihat bidang diagonal. (Jika Anda tidak memiliki teropong, Anda masih dapat melihat Mars, Bulan, dan Venus, serta Jupiter dan Merkurius jika Anda memiliki cakrawala yang jelas.)

Sebuah “parade planet” bukanlah istilah astronomi resmi, menurut Jalan BintangSebaliknya, ini digunakan secara santai untuk merujuk pada jenis penyelarasan planet, yang dapat terjadi ketika beberapa planet tampak berdekatan di sektor kecil langit dari titik pandang kita di Bumi.

Parade planet tidak jarang, meskipun juga tidak terlalu langka. Parade lima planet berlangsung pada Juni 2022, dengan parade empat planet pada bulan April di tahun yang sama. Menurut StarWalk, parade lima planet berikutnya akan berlangsung pada pagi hari tanggal 18 Juni 2023, menampilkan Merkurius, Uranus, Jupiter, Neptunus, dan Saturnus.

Baca lebih lanjut tentang tampilan planet khusus ini di Almanak petani.

Terkait:

Bagaimana Anda melihat planet kerdil yang memiliki nama yang sama dengan sereal sarapan Anda

READ  Cara melihat komet paling terang tahun 2021 di bulan Desember

Festival Langit Gelap pertama di Semenanjung Atas datang ke Copper Harbor pada bulan April

Di mana menemukan taman langit gelap di michigan pada tahun 2023

Hujan meteor terbaik untuk ditonton pada tahun 2023