Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

5 planet yang akan berbaris di langit akhir pekan ini

Lima planet akan terlihat di langit sebelum fajar akhir pekan ini, memberikan kesempatan bagi pengamat langit untuk melihat kesejajaran langka Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus dengan mata telanjang.

Mulai Jumat hingga bulan ini, lima planet akan tampak melayang di ufuk timur sebelum matahari terbit. Prosesi planet-planet akan disejajarkan menurut jaraknya dari matahari, dengan Merkurius, yang paling dekat dengan bintang, muncul paling rendah di cakrawala dan Saturnus di paling tinggi di langit malam.

Untuk pemandangan terbaik, pengamat langit belahan bumi utara harus pergi ke luar sekitar 30 menit sebelum matahari terbit dan memilih tempat dengan pemandangan cakrawala timur dan tenggara yang tidak terhalang.

Lima planet yang sama dapat dilihat sebelum matahari terbit di Belahan Bumi Selatan, tetapi sebagai gantinya para pengamat bintang harus menemukan lokasi dengan pemandangan cakrawala timur dan timur laut yang tidak terhalang.

Jika kondisinya cerah, planet-planet harus cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang, meskipun Merkurius akan lebih redup di awal bulan, dan karena itu sulit dideteksi tanpa teropong.

Namun, di akhir bulan, Merkurius akan terlihat cerah dan muncul lebih tinggi di langit, sehingga lebih mudah untuk dilihat, Menurut Sky & Telescopediterbitkan oleh American Astronomical Society.

Sebuah suguhan terpisah juga menunggu pengamat langit di akhir bulan: Pada tanggal 24 Juni, bulan sabit akan merayap ke dalam formasi sebelum fajar, muncul di antara Venus dan Mars.

Meskipun cukup umum untuk melihat dua planet muncul berdekatan di langit malam – fenomena langit yang dikenal sebagai konjungsi – sangat jarang lima planet berbaris dalam urutan alami mereka. Terakhir kali lima planet yang terlihat dengan mata telanjang disejajarkan dengan cara ini adalah pada Desember 2004, menurut Sky & Telescope.

READ  Gejala COVID: Seperti apa rasanya COVID ringan?

Tapi setelah Juni, partai akan mulai bubar.

Seiring berjalannya beberapa bulan ke depan, Saturnus, Mars, Jupiter, dan Venus akan tampak tersebar di langit sebelum fajar, “sedemikian rupa sehingga Venus dan Saturnus akan muncul sebagai objek pagi bagi sebagian besar pengamat pada bulan September.” Menurut NASA.