Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

8 anak meninggal setelah makan daging penyu di sebuah pulau terpencil di Afrika

8 anak meninggal setelah makan daging penyu di sebuah pulau terpencil di Afrika

Daging kura-kura bisa menjadi racun karena sejenis keracunan makanan yang disebut botulisme

Dalam kecelakaan tragis, delapan anak dan satu orang dewasa tewas setelah memakan daging penyu di Pulau Pemba di kepulauan Zanzibar. kereta bawah tanah tersebut. Sebanyak 78 orang lainnya dirawat di rumah sakit setelah makan pada tanggal 5 Maret, menurut Petugas Medis Distrik Makwani, Dr Haji Bakari.

Perlu dicatat bahwa daging penyu dianggap sebagai makanan lezat di wilayah tersebut, meskipun diketahui ada risiko keracunan makanan. Dagingnya konon rasanya mirip daging sapi dengan tekstur hampir mirip cumi atau buaya.

Dr Bakari mengatakan, pemeriksaan laboratorium yang dilakukan memastikan seluruh korban memakan daging penyu. Dalam kasus yang jarang terjadi, daging penyu bisa menjadi racun karena sejenis keracunan makanan yang disebut botulisme. Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, hal ini diduga terkait dengan ganggang beracun yang dimakan penyu, menurut Turtle Charity.

Botulisme (keracunan daging penyu) adalah jenis keracunan makanan langka dan terkadang fatal yang disebabkan oleh memakan penyu. Perpustakaan Kedokteran Nasional. Penyakit ini menyebabkan gejala gastrointestinal yang diikuti dengan “toksisitas neurologis, hati, dan ginjal”.

“Penelitian menunjukkan bahwa seluruh bagian penyu mungkin beracun. Gejalanya bisa berkisar dari ringan seperti mual dan muntah hingga bentuk manifestasi neurologis yang lebih serius, koma, dan akhirnya kematian,” tambah Perpustakaan Kedokteran Nasional.

Setelah kejadian mengerikan itu, pihak berwenang di nusantara mengirimkan tim penanggulangan bencana ke Pemba, mendesak masyarakat untuk menghindari konsumsi penyu.

Kejadian serupa terjadi pada tahun 2021 ketika tujuh orang, termasuk seorang anak berusia tiga tahun, meninggal di Pulau Pemba setelah memakan daging penyu. berdasarkan laporan BBC, Keracunan dapat menimbulkan dampak terburuk pada anak-anak dan orang lanjut usia.

READ  Spesies ular baru telah ditemukan di Peru yang diberi nama Harrison Ford

Kasus serupa juga dilaporkan terjadi di Indonesia, Mikronesia, dan Kepulauan Samudera Hindia. Hingga saat ini, belum ditemukan obat penawar untuk keracunan tersebut.