Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Akankah festival dua sungai menjadi yang terakhir? Grażyna Torbicka mengatakan tentang masalah serius





Pengarang: A.K.P.A
Grażyna Torbicka tentang masalah keuangan festival Dwa Brzegi


Apakah ini edisi terakhir dari festival film kultus di Kazimierz Dolny? Setelah menghadapi masalah keuangan yang serius, ada banyak tanda bahwa festival tersebut dipertanyakan: “Masa-masa sulit akan datang dan jika tidak ada perubahan, itu bisa menjadi festival terakhir.”

Tahun ini, akan ada banyak perubahan di tempat festival Dua Sungai karena masalah keuangan yang mempengaruhi semua bidang kehidupan termasuk budaya dan seni. Grażyna Torbicka dalam sebuah wawancara dengan “Dziennik Wschodni” Kazimierz Dolny mengungkapkan banyak kekhawatiran tentang edisi berikutnya dari acara film dan tentang organisasi edisi tahun ini.

Grasina Torbicka khawatir tentang masa depan festival Dua Breski: “Ini bisa menjadi festival terakhir”

Festival Dua Tepi Sungai telah menarik pecinta film ke Kazimierz Dolny selama bertahun-tahun, dan penyelenggara memastikan bahwa para peserta memiliki kesempatan untuk melihat film-film yang disajikan di festival-festival paling penting dunia: Cameraimage, Berlin, Festival Internasional di Toronto, Cannes, Karlovy Vary, dan Venesia . Tahun ini, Iru Riverside Festival akan diadakan untuk ke-16 kalinya dan ini mungkin edisi terakhir yang tercatat dalam sejarah.

Baca Juga: Toda Luncurkan Reality Show Sendiri Hanya pria yang diundang ke acara tersebut

Direktur artistik acara – Grażyna Torbicka – dalam sebuah wawancara dengan “Dziennik Wschodni”, mengatakan kepada wartawan tentang edisi tahun ini, perubahan yang menunggu pengunjung Kazimierz Dolny dan masa depan festival tidak terlihat berwarna karena keuangan. Isu yang mempengaruhi semua bidang kehidupan saat ini. Penyelenggara acara budaya memiliki anggaran yang semakin kecil untuk membiayai bersama area budaya.

READ  Siaran Pers 13 Maret 2021, 1 siang.

Kami telah membuat festival ini sebaik mungkin selama 15 tahun. Tahun ini kami akan melakukan segalanya untuk festival. Kami telah menerima sepertiga dari anggaran tahun-tahun sebelumnya untuk operasinya. Tetapi kami menerima tantangan ini, kami berhasil, dan semua orang dapat yakin bahwa Dua Sungai akan menjadi lebih indah – kata Krasina Torbicka dalam sebuah wawancara dengan Dzienik Vsotny.

Anggaran festival dipotong karena kenaikan harga layanan dan keterbatasan dana festival. Sebagai perbandingan: pada tahun 2018, penyelenggara festival menerima dana dari pemerintah provinsi sebesar PLN 4.000.000. Tahun ini, mereka mengajukan PLN 200.000.

Masa-masa sulit akan datang, dan jika tidak ada yang berubah, itu mungkin festival terakhir – tambah Grażyna Torbicka.

Hingga saat ini, pemutaran film terpenting berlangsung di tenda berkapasitas 850 penonton yang terletak di halaman sekolah di Jalan Nadwislanska. Tahun ini, jumlah kursi akan dibatasi karena pertunjukan akan diadakan di gedung sekolah kota, di mana hanya 150 kursi yang tersedia untuk penonton. Perubahan drastis tersebut disebabkan oleh renovasi fasilitas di Jalan Nadwiślańska.

Meskipun banyak perubahan, festival Dwa Brzegi terlihat menjanjikan, dan para peserta dapat mengandalkan pertemuan dengan pembuat film hebat seperti Jan Peszek, Maria Debska, Maciej Stur, Adam Woronovich, dan Agata Pusek.

Festival Dwa Brzegi 2022 di Kazimierz Dolny berlangsung dari 30 Juli hingga 7 Agustus.

Pada akhirnya

Menuju ke Festival Film Dwa Brzegi 2022?