Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Aliran misterius terbuka di Chili. Tidak ada yang tahu bagaimana itu terbentuk

Bumi selalu melalui struktur baru yang misterius yang membangkitkan rasa ingin tahu para ahli geologi di seluruh dunia. Kawah misterius yang terbentuk di Chili akhir pekan lalu adalah yang terbaru untuk menjadi berita utama global.

Kira-kira 656 kaki dari atas ke bawah, sungai terbentuk tanpa gangguan di kota pertambangan Tierra Amarilla. Sementara aliran tersebut kemungkinan akan tumbuh, pemerintah Chili telah memulai penyelidikan tentang bagaimana kinerjanya. National Geology and Mining Service memperkirakan diameternya sekitar 82 kaki lebarnya.

Sebuah perimeter keamanan 100 meter telah didirikan di sekitar lubang di kotamadya Tierra Amarilla, dekat tambang Alcaparosa, yang dioperasikan oleh Canadian Lundin Mining. “Tidak ada dampak pada personel, peralatan, atau infrastruktur,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, dan lubang itu tetap stabil sejak ditemukan.

Baca juga | Temukan Super Earth dengan Kemungkinan Kehidupan

Lubang runtuhan muncul di area sekitar 800 kilometer (sekitar 500 mil) utara Santiago, dan sebagai tindakan pencegahan, pekerjaan pembangunan di area tambang bawah tanah Alcaparrosa untuk sementara dihentikan. Perlu dicatat bahwa Chili adalah produsen tembaga terbesar di dunia, bertanggung jawab atas seperempat dari pasokan dunia.

Sebuah perimeter keamanan 100 meter didirikan di sekitar kawah yang muncul di kotamadya Tirra Amarilla. (Foto: AFP)

“Jaraknya cukup jauh, sekitar 200 meter (656 kaki), ke bawah. Kami tidak mendeteksi material apa pun di sana, tetapi kami melihat ada banyak air,” David Montenegro, direktur National Geological and Layanan Pertambangan, kata dalam sebuah pernyataan.

Baca juga | Ilmuwan Israel menciptakan embrio buatan pertama di dunia, tanpa sperma

Rumah terdekat dengan sungai berjarak lebih dari 600 meter (1.969 kaki) sementara area yang dihuni atau layanan publik berjarak sekitar satu kilometer dari area yang terkena dampak, sehingga memudahkan pihak berwenang untuk menyelidiki struktur misterius tersebut.

READ  Pria Australia berusia 111 tahun mengatakan rahasia umur panjang adalah 'makan otak ayam'

Cristian Zuniga, walikota Tierra Amarilla, yang berpenduduk 13.000 jiwa, mengatakan kepada wartawan bahwa lubang itu belum pernah terjadi sebelumnya. “Kami minta klarifikasi alasannya..apakah ambruknya karena aktivitas penambangan atau yang lainnya,” katanya.

Baca juga | Bisakah sel dan organ dipulihkan setelah kematian? Studi ini menimbulkan harapan baru

–sudah selesai–