Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Altmaier menginginkan lebih banyak pabrik chip di Jerman dengan pembiayaan proyek

Menteri Ekonomi Peter Altmaier juga ingin secara signifikan memperluas produksi microchip penting di Jerman karena kemacetan pengiriman. Tujuannya adalah untuk memiliki lebih banyak kedaulatan teknologi dan mengurangi ketergantungan, politisi CDU mengatakan pada hari Rabu di Berlin. Pangsa pasar Eropa dalam produksi chip global akan meningkat dua kali lipat menjadi 20 persen pada tahun 2030.

Namun, mengingat peningkatan kuat secara simultan dalam produksi dunia, ini berarti peningkatan tiga atau empat kali lipat dalam produksi di Jerman. Altmaier bertemu dengan perwakilan dari sekitar 50 perusahaan di industri mikroelektronika. Menurut dia, banyak perusahaan yang mau berinvestasi.

Sebuah proyek besar Eropa kedua direncanakan. Menurut Altmaier, pemerintah federal berencana untuk membiayai sekitar tiga miliar euro untuk ini dalam anggaran. Namun, jumlah ini juga bisa meningkat menjadi lima hingga sepuluh miliar euro jika diperlukan.

Proyek bersama Eropa pertama di bidang mikroelektronika telah dimulai pada 2018. Sebagai bagian dari proyek pertama ini, Pemerintah Federal mendukung 18 perusahaan Jerman yang berpartisipasi dengan total hingga 1 miliar euro dalam pembangunan pabrik chip modern pada 2023 Menurut Kementerian, contoh proyek pembiayaan telah dibangun atau baru diperluas di pabrik Bosch dan Infineon. Perusahaan-perusahaan Jerman juga telah melakukan investasi swasta lebih dari 2,6 miliar euro, dan sekitar 2.400 pekerjaan baru kini telah diciptakan.

Altmaier mengatakan ini merupakan langkah penting untuk menstandardisasi pangsa pasar global. Namun, tanpa upaya lebih, bagian tersebut akan menyusut karena produksi meningkat di seluruh dunia. Produsen dari Asia dan Amerika Serikat sangat kuat. Sebuah situs semikonduktor utama di Jerman adalah apa yang disebut Silicon Saxony di Dresden.

Ada juga pabrik chip Globalfoundries di sana. Untuk tujuan ini, perusahaan berencana untuk meningkatkan satu miliar euro agar dapat memperluas kapasitas produksi dengan faktor 2,5. Intel juga bermaksud untuk berinvestasi dalam produksi chip Eropa dengan Jerman sebagai lokasi potensial. Intel menawarkan hingga $100 miliar untuk ini – selama dukungan pemerintah tepat.

Masalah pengiriman semikonduktor saat ini menjadi masalah utama bagi industri otomotif, misalnya dengan tidak adanya shift kerja dan waktu yang singkat. “Ada kebutuhan untuk bertindak,” kata Altmaier. Ada kekurangan besar mikroprosesor dari semua jenis. Ini karena ledakan ekonomi global setelah resesi parah akibat pandemi Corona – tetapi juga dengan peningkatan besar dalam kebutuhan komputer karena banyak karyawan yang pindah ke kantor rumah mereka.

Akses ke microchip yang terjangkau telah menjadi masalah yang kompetitif. Menteri mengatakan pemerintah federal juga dalam pembicaraan dengan investor asing utama. Menjelang pemilihan umum akhir September, dia ingin mempertaruhkan pemerintahan baru agar bisa menemukan agenda.

Menurut sebuah makalah yang dikeluarkan oleh Kementerian Urusan Ekonomi, mikroelektronika “penting” untuk keberhasilan teknologi seperti 5G dan 6G, kecerdasan buatan atau mengemudi otomatis. Mikroelektronika memiliki pengaruh yang menentukan pada seberapa inovatif dan suksesnya Eropa secara ekonomi.


(liburan)

ke halaman rumah

READ  Bandara di Polandia. Lalu lintas udara pada Juni 2021, maskapai terbesar - data PANSA