Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Amerika Serikat dan Vietnam berharap dapat memperkuat hubungan dengan kunjungan Blinken ke Hanoi

Amerika Serikat dan Vietnam berharap dapat memperkuat hubungan dengan kunjungan Blinken ke Hanoi

HANOI (Reuters) – Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chin dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Sabtu menyatakan keinginan mereka untuk memperdalam dan meningkatkan hubungan mereka saat Washington berupaya memperkuat aliansi di kawasan itu untuk melawan China yang semakin tegas.

Pada kunjungan pertamanya ke negara besar Asia Tenggara itu sebagai kepala diplomat AS, Blinken memulai perjalanannya dengan pertemuan dengan Perdana Menteri Pham Minh Chin. Dalam sambutan singkat sebelum pertemuan mereka, dia mengatakan bahwa selama dekade terakhir telah terjadi “kemajuan luar biasa” dalam hubungan kedua negara.

“Sekarang kami berharap dapat membawanya ke tingkat yang lebih tinggi, memperdalam kemitraan ekonomi lebih jauh,” kata Blinken, mencatat bahwa kedua negara merayakan peringatan 10 tahun kemitraan resmi mereka tahun ini.

Kedua belah pihak berharap untuk membawa hubungan “ke tingkat yang baru,” kata Chinh, setelah panggilan telepon bulan lalu antara Presiden Joe Biden dan ketua Partai Komunis Vietnam yang berkuasa, Nguyen Phu Trong, sebuah percakapan yang katanya menghasilkan “pertemuan besar”. kesuksesan.”

Analis mengatakan peringatan diplomatik dan panggilan telepon Biden-Trong dapat mengarah pada pertemuan antara keduanya pada bulan Juli atau pertemuan tingkat tinggi lainnya. Namun, masih belum jelas kapan peningkatan hubungan resmi dapat disetujui.

Amerika Serikat menghadapi tantangan di Asia Tenggara dalam membangun aliansi untuk melawan China dan menghalangi potensi tindakan Beijing terhadap Taiwan. Banyak negara di kawasan ini enggan memusuhi tetangga raksasa mereka, yang bukan hanya kekuatan militer tetapi juga mitra dagang utama dan sumber investasi.

Bagi Amerika Serikat, Vietnam adalah mitra dagang penting Asia Tenggara yang ingin memperkuat hubungan dengan Washington. Akan tetapi, bagi Hanoi, sulit menyeimbangkan kerja sama dengan Washington tanpa membuat marah Beijing, meskipun Vietnam mewaspadai klaim China yang meningkat di Laut China Selatan.

READ  Dalam kesalahan langkah terbaru, Presiden AS Joe Biden lebih memuji China daripada Kanada. Dia menonton

Kalkulator diplomatik

Kalkulus diplomatik semakin diperumit oleh hubungan yang semakin dekat antara Beijing dan Moskow, yang tahun lalu mengumumkan kemitraan “tanpa batas” tak lama setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Chinh berkata: “Kami sangat menghargai peran dan tanggung jawab Amerika Serikat terhadap kawasan Asia-Pasifik.”

Beberapa analis telah menyatakan keraguan tentang potensi peningkatan tersebut.

“Untuk satu hal, tidak perlu, dari sudut pandang Vietnam, untuk memusuhi China secara tidak perlu… Alasan lainnya adalah bahwa Hanoi ingin menghindari tampil secara terbuka sebagai bagian dari strategi Indo-Pasifik AS yang dirancang untuk melawan China,” kata Grossman .

Blinken juga memulai pembangunan kompleks Kedutaan Besar AS yang baru di Hanoi setelah bertemu dengan perdana menteri, sebuah proyek yang menurutnya menandai “langkah penting” untuk memperkuat hubungan.

Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Vedant Patel mengatakan setelah pertemuan bahwa dalam pertemuannya dengan Chen, Blinken menekankan “pentingnya hak asasi manusia”. Kelompok-kelompok hak asasi secara teratur menyuarakan keprihatinan tentang perlakuan negara komunis itu terhadap para pembangkang.

Awal pekan ini, pengadilan Hanoi menghukum seorang aktivis politik terkemuka Vietnam enam tahun penjara karena kegiatan anti-negara, kata pengacaranya.

Setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Bui Than Son, Blinken dijadwalkan bertemu dengan Truong, sebelum berangkat pada Minggu ke Jepang untuk menghadiri pertemuan para menteri luar negeri dari Kelompok Tujuh negara kaya.

(Cover oleh Humeyra Pamuk). Diedit oleh Kim Coghill

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.