Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Amerika Serikat mengevakuasi 4 warganya dari Afghanistan untuk pertama kalinya sejak penarikan

Afghanistan: Pasukan AS meninggalkan Afghanistan pada 31 Agustus.

Penerimaan:

Media AS melaporkan bahwa Amerika Serikat telah mengevakuasi empat orang Amerika dari Afghanistan, dalam evakuasi darat pertama yang difasilitasi Amerika Serikat sejak penarikan dari negara yang dilanda perang itu.

“Kedutaan kami menyambut orang Amerika saat mereka melintasi perbatasan ke negara ketiga,” kata pejabat itu mengutip CNN.

Pejabat itu menekankan bahwa ini adalah empat orang Amerika pertama yang “memfasilitasi jalan ini” sejak penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Mereka adalah seorang wanita dan ketiga anaknya berasal dari Amarillo, Texas, menurut Perwakilan Markwayne Mullen, seorang Republikan dari Oklahoma, yang telah membantu kelompok nirlaba mantan pasukan khusus AS, militer, kontraktor, dan lainnya yang bekerja untuk mendapatkan orang Amerika dan pemegang visa imigran dari Afghanistan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada hari Senin bertemu dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di Doha.

Blinken melakukan perjalanan ke Qatar 6-8 September untuk secara pribadi berterima kasih kepada pejabat pemerintah atas dukungan luar biasa mereka dalam transit aman warga AS, Afghanistan, dan pengungsi lainnya dari Afghanistan.

“Hari ini Blinken bertemu dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di Doha, Qatar. Sekretaris Blinken, bersama dengan Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III, berterima kasih kepada Al Thani atas dukungan luar biasa Qatar dalam memfasilitasi transit yang aman bagi warga AS dan kami mitra,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri. American Ned Price mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “warga Afghanistan lainnya dalam bahaya.”

“Menteri pertahanan, menteri pertahanan, dan emir juga membahas masalah dan inisiatif bilateral penting lainnya untuk meningkatkan keamanan dan kemakmuran regional,” tambahnya.

READ  Pemimpin Taliban Mullah Baradar dalam daftar Times 100 orang paling berpengaruh pada tahun 2021 | berita Dunia

Pasukan AS meninggalkan Afghanistan pada 31 Agustus, menandai akhir dari jalan keluar yang kacau dan kacau dari perang terpanjang Amerika.

Secara total, Amerika Serikat dan mitranya telah memukimkan kembali lebih dari 124.000 orang ke tempat yang aman, termasuk 6.000 warga Amerika.

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)