SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Andal 13 Sumber Air Gunung Lingga Berambisi Pasok Air Baku

Andal 13 Sumber Air Gunung Lingga Berambisi Pasok Air Baku

LINGGA – Pemkab Lingga berambisi mengalirkan bahan baku air ke sejumlah kabupaten/kota di Kepri dengan mengandalkan sumber yang melimpah dari 13 air gunung. Langkah konkrit sudah dimulai dengan melobi kementerian.

Ancang-ancang pemerintahan Alias Wello ini melihat kenyataan ancaman serius bahan baku air yang diperkirakan makin menipis dalam beberapa tahun ke depan. Rombongan yang dipimpin Wakil Bupati Lingga M Nizar telah berkunjung ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengungkap rencana memasok bahan baku air ke daerah lain di Kepri.

Muhammad Nizar memastikan rencana tersebut masuk akal sebab potensi sumber air di Lingga cukup besar untuk dipasok ke daerah lain. Kabupaten ini punya sumber air dari 13 air terjun pegunungan yang sudah cukup memenuhi kebutuhan penduduk Lingga. Sejauh ini terungkap skema pengiriman bahan baku air lewat pipa bawah laut.

“Dari zaman kesultanan Riau Lingga, air terjun yang ada di Lingga tidak pernah berhenti mengalir dan hanya terbuang ke laut,” ujar M Nizar dalam keterangan pers yang diterima KORAN SINDO BATAM, kemarin.

Nizar dan rombongan menemui Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kemenpupera di Jakarta, kemarin. Tapi audiensi dengan kementerian ditangani Direktur Irigasi dan Rawa Mochamad Mazid.

Selain mengungkap rencana memasok bahan baku air tersebut, Nizar ingin meminta masukan dari pakar air dari Kementerian PUPR terkait pengiriman air lewat pipa bawah laut. Untuk diketahui, jarak dari Lingga ke Galang, titik terdekat ke Batam bila proyek terwujud, terbilang cukup jauh, sekitar 100 kilometer.

Lingga juga meminta masukan teknik pipa bawah laut dari praktisi dan akademisi yang berasal dari berbagai institusi yakni Universitas Gajah Mada dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Masukan ini demi mempercepat realisasi rencana kami,” sebut Nizar.

Tahap awal, Pemkab Lingga menggelar diskusi yang menghadirkan Kementerian PUPR dan praktisi. Diskusi mencari ide dari menggali potensi dan pemanfaatan sumber daya air di Lingga terutama untuk memenuhi kebutuhan air baku di Batam, Tanjungpinang dan Bintan. Diskusi rencananya akan digelar di Hotel Harmoni, Batam, Sabtu (13/5) akhir pekan ini.

Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR Mochammad Mazid menyatakan siap mendukung rencana Lingga memasok air ke daerah lain. Hanya saja kementerian meminta hasil kajian awal rencana tersebut untuk menganalisa seberapa besar proyek itu bisa terwujud.

“Intinya kami akan tindaklanjuti rencana Pemkab Lingga. Apalagi masalah kekurangan air di Batam telah menjadi atensi dari Presiden Joko Widodo,” ujar Mazid.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com