Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Anthony Albanese, perdana menteri Australia berikutnya, tidak asing dengan India

Anthony Albanese akan dilantik sebagai Perdana Menteri setelah kemenangan pemilihan partainya

New Delhi:

Komisaris Tinggi Australia Barry O’Farrell mengatakan Perdana Menteri terpilih Australia Anthony Albanese tidak asing dengan India, setelah Scott Morrison mengakui kekalahan pemilihannya pada hari Sabtu.

Albanese, salah satu politisi terlama di Australia, memimpin Partai Buruhnya meraih kemenangan elektoral pertamanya sejak 2013.

“Perdana Menteri terpilih Australia @AlboM tidak asing dengan India yang telah melakukan perjalanan ke negara itu sebagai pengembara pada tahun 1991 dan memimpin delegasi parlemen pada tahun 2018. Selama kampanye ia berkomitmen untuk memperdalam hubungan ekonomi, strategis, dan orang-ke-orang antara India dan Australia,” cuit O’Farrell.

Jika Albanese melakukan perjalanan ke Tokyo untuk pertemuan para pemimpin Kuartet mendatang, ia dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

KTT Kuartet akan diadakan pada 24 Mei.

Hubungan antara India dan Australia telah mengalami kebangkitan dalam beberapa tahun terakhir.

Bulan lalu, kedua negara menandatangani perjanjian perdagangan untuk diversifikasi perdagangan bilateral.

Pada Juni 2020, India dan Australia meningkatkan hubungan mereka menjadi kemitraan strategis yang komprehensif dan menandatangani perjanjian penting untuk akses bersama ke pangkalan militer untuk dukungan logistik.

Perjanjian Dukungan Saling Logistik (MLSA) memungkinkan tentara kedua negara untuk menggunakan pangkalan masing-masing untuk memperbaiki dan mengisi kembali pasokan, bersama dengan memfasilitasi perluasan kerja sama pertahanan yang komprehensif.

Angkatan Laut Australia adalah bagian dari Latihan Lepas Pantai Malabar yang diselenggarakan oleh India pada November 2020 dan juga tahun lalu.

(Kisah ini belum diedit oleh kru NDTV dan dibuat secara otomatis dari umpan bersama.)