Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Apa itu gua Hang Son Doong? Google rayakan penemuan gua terbesar di dunia – Berita Dunia

Gua terbesar di dunia, Hang Son Doong, ditampilkan di Google Doodle baru. Itu adalah rahasia selama bertahun-tahun sampai dinding batu kapur yang menjulang tinggi ditemukan oleh seorang petani lokal

Gua Hang Son Doong di Vietnam adalah rahasia sampai tahun 1990-an

Google merayakan penemuan gua Hang Son Doong di Google Doodle barunya.

Gua yang pernah terlupakan

ditemukan kembali pada tahun 2009 dan berisi keajaiban alam yang menakjubkan dan bahkan komunitas monyet yang terdapat di dalam dinding batu kapur yang bergerigi dan mengejutkan.

Google sering menandai penemuan luar biasa, pencapaian orang-orang penting atau keajaiban alam dunia dengan Google Doodle khusus pada hari-hari yang tepat.

Keajaiban alam Vietnam diyakini berusia antara dua dan lima juta tahun dan namanya berarti “Sungai Gunung” dalam bahasa lokal.

Jadi apa gua itu, dan bagaimana gua itu ditemukan?

Apa itu Google Doodle?

Google Doodle baru menunjukkan gua Hang Son Doong
(

Gambar:

Google)

Google Doodle baru menunjukkan gua Hang Son Doong, ditemukan di hutan lebat di daerah terpencil Vietnam

Google mengatakan: “Doodle hari ini merayakan gua kolosal ini, yang secara resmi ditemukan pada hari ini di tahun 2009.”

Google mengatakan gua itu “secara resmi ditemukan” pada hari ini karena diyakini bahwa gua itu benar-benar ditemukan oleh petani lokal Ho Khanh pada tahun 1990.

Deskripsi penemuan awalnya di Oxalis Adventure berbunyi: “Pria lokal Ho Khanh menemukan Son Doong pada tahun 1990 ketika mencari makanan dan kayu di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang untuk mendapatkan penghasilan sederhana.

“Selama pencariannya, dia menemukan celah di tebing batu kapur, melihat awan mengepul dari pintu masuk dan mendengar suara sungai mengamuk dari suatu tempat di dalam. Dia kembali ke rumah dan melupakan gua.”

Dia dikatakan telah menelusuri kembali langkahnya pada tahun 2008, menemukan gua itu sekali lagi, sebelum Howard dan Deb Limbert dari British Cave Research Association mendokumentasikan keajaiban dunia setahun kemudian.

Gua ini memiliki keajaiban yang luar biasa, tetapi perjalanan ke sana terbatas dan hanya dapat dikunjungi dalam ekspedisi empat hari dengan perusahaan perjalanan khusus.

Apa itu gua Hang Son Doong?

Sebuah keajaiban alam, gua Hang Son Doong memiliki ekosistemnya sendiri
(

Gambar:

John Spies / Barcroft Media)

Gua Hang Son Doong di Vietnam dianggap sebagai gua terbesar di dunia.

Ini didasarkan pada panjang sekitar 5,6 mil dan memiliki volume 38,5 juta meter kubik. Gua ini diakui oleh Guinness Book of World Records sebagai gua terbesar di dunia pada tahun 2013.

Gua adalah keajaiban geologi dan dikatakan memiliki satu-satunya monyet bawah tanah yang hidup di dunia, bersama dengan kelelawar rubah terbang.

Kedalamannya yang sangat besar dilaporkan memiliki hutan hujan dengan ekosistem cuacanya sendiri, dengan lubang pembuangan raksasa yang memungkinkan matahari dan rai mengalir turun ke dalam gua.

Penemuan lain di kedalaman gua yang hati-hati termasuk mutiara batu kapur terbesar di dunia dan stalagmit tertinggi di dunia sekitar 70 meter.

Ketinggian stalagmit yang luar biasa tidak sebanding dengan ketinggian keseluruhan gua, yang membentang hingga 200 meter, atau sekitar ketinggian yang sama dengan menara HSBC di Canary Wharf, London.

Di dalam gua, gua utama “cukup besar untuk menampung seluruh blok Kota New York”.

Terletak di dalam Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang Vietnam, rencana untuk membangun kereta gantung untuk pariwisata massal dikabarkan akan mulai terbentuk, tetapi kemudian diberhentikan oleh pihak berwenang Vietnam.

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

READ  Diskusi tentang Pembatalan Bagian Khusus / Ketua Komite Hukum Kamar: Itu didirikan oleh Trocnia dan Pintu Total untuk dua tujuan