Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Apa yang dipinjam dari smartphone Android

Apa yang Anda pinjam dari kompetisi? Pertanyaan itu muncul sehari setelah pengumuman iPhone 13 dan iPhone 13 Pro.

iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro

Setiap tahun, itu pantangan yang sama. Apple mengumumkan smartphone barunya, tahun ini kisaran iPhone 13 dan 13 Pro, dan kami membandingkan fitur yang sudah ada di smartphone Android.

Jika Anda melewatkan kata kunci Apple, Anda dapat menemukan semua berita di ringkasan kami.

Fungsi dan kemampuan sudah ada di Android

Mode 120Hz dengan kecepatan refresh adaptif

Seperti yang diharapkan, iPhone 13 Pro untuk pertama kalinya mengadopsi teknologi ProMotion, yang memungkinkan untuk memperoleh kecepatan refresh hingga 120 Hz. Apple melangkah lebih jauh, karena ia juga menawarkan kecepatan adaptif, sehingga iPhone dapat meningkatkan gambar yang ditampilkan di layar. layar untuk pengguliran yang lebih mulus, bila perlu. Saat Anda hanya menonton gambar diam, kecepatan refresh turun menjadi hanya 10Hz. Fungsi ini memiliki keunggulan dalam mengoptimalkan konsumsi daya perangkat.

Tampilan OnePlus 9 Pro secara teknis sangat mirip dengan iPhone 13 Pro

Tampilan OnePlus 9 Pro secara teknis sangat mirip dengan iPhone 13 Pro

Di smartphone Android, layar 120Hz sudah ada sejak lama, dan ada juga fitur adaptif ini di banyak merek, termasuk Samsung, Oppo, atau bahkan OnePlus. Samsung Display adalah salah satu yang memproduksi panel OLED yang dimaksud dan yang diberikannya kepada pelanggannya. Jika kita mengambil Galaxy S21+, misalnya, kita akan berakhir dengan layar OLED dan mode 120Hz adaptifnya. Catatan yang sama pada OnePlus 9 Pro.

1 TB penyimpanan internal

Salah satu fitur baru dari iPhone 13 Pro adalah munculnya versi dengan kapasitas 1 TB, dan versi maksimum hingga iPhone 12 Pro dengan memori flash internal 512 GB. Perhatikan bahwa jika Anda memilih iPhone 13 Pro Max dengan kapasitas 1 TB … tagihannya besar dan kuat: 1839 euro.

READ  Bintang jatuh bulan April: Cara melihat bintang - meskipun bulan mengganggu

iPhone 13 dan 13 Pro: apa yang mereka pinjam dari smartphone Android

Di Android, sudah ada smartphone dengan memori flash 1 TB. Galaxy S10 adalah perangkat pertama yang menawarkan memori penyimpanan flash universal (eUFS) 1TB pertama di dunia. Namun, ini harus memenuhi syarat: opsi ini telah menghilang pada Note 20 dan Galaxy S21, dan kapasitas memori flash itu pasti mahal dan permintaannya pasti rendah.

mode makro

IPhone 13 Pro juga menawarkan mode makro. Hal ini memungkinkan untuk memotret subjek kecil, dan aktivitas ini disebut fotografi makro. Apple telah memposting beberapa contoh online untuk melihat apa yang bisa Anda dapatkan di bawah kondisi terbaik.

Di smartphone Android, mode makro sudah ada sejak lama. Tidak ada lagi smartphone yang menawarkan mode ini, di level entry, tetapi juga di level yang lebih tinggi. Baru-baru ini, misalnya, Reno 6 Pro menawarkan kamera yang didedikasikan untuk penggunaan ini. Di Apple, mode makro tampaknya terkait dengan kamera sudut ultra lebar, dan seringkali merupakan optik paling praktis dari mode ini. Tidak ada kamera khusus untuk mode makro.

derajat yang dikurangi

Bertentangan dengan beberapa rumor, masih ada tulisan di iPhone 13. Namun tahun ini, tampilannya telah dikurangi. Kami masih menemukan teknologi yang diperlukan untuk ID Wajah dengan kombinasi sensor.

Takiknya jauh lebih sempit dibandingkan dengan iPhone 12

Takiknya jauh lebih sempit dibandingkan dengan iPhone 12

Di Android, retakan hilang, memberi jalan bagi celah. Di perangkat yang lebih baru, seperti Xiaomi Mix 4, kamera depan ditempatkan di bawah layar. Hal ini memungkinkan untuk memiliki layar tanpa lubang atau takik, namun kualitas fotografi kamera depan mungkin buruk dan triknya juga dapat terlihat dalam beberapa kondisi pencahayaan luar ruangan.

Kamera depan tidak terlihat di Xiaomi Mix 4

Kamera depan tidak terlihat di Xiaomi Mix 4

mode video vertikal

Seperti yang disarankan oleh beberapa rumor, iPhone 13 dan 13 Pro menawarkan mode potret untuk video, bernama Modus Gerak Oleh Apple, ini memungkinkan Anda untuk mengubah fokus video dengan membuat blur berdasarkan subjek yang dipilih. Ini adalah situasi yang membutuhkan banyak energi dan memanfaatkan fotografi terkomputerisasi.

READ  Far Cry 3 gratis! Namun, Anda harus bergegas untuk mendapatkan game Ubisoft

Situasi ini tampak menipu pada pandangan pertama. Apple merilis fitur yang mungkin bisa dilakukan. Fungsi tersebut dapat mengaktifkan dirinya sendiri jika diperlukan.

Di Android, mode potret video telah ada selama beberapa tahun, dan kami dapat mengujinya di Samsung atau di Oppo. Demonstrasi pertama tidak dapat digunakan, potongan bentuk wajah terlalu kasar dengan banyak kesalahan. Fitur ini telah berkembang pesat, dan Apple bukan yang pertama, tetapi perusahaan Amerika jelas yang meluncurkan mode potret video paling canggih.

Fungsi dan kemampuan yang tidak ada di Android

Tidak adil untuk tidak membicarakan fitur yang unik untuk Apple. Misalnya, iPhone 13 Pro dapat menembak Dalam mode ProResKodek video profesional.

Apple juga memiliki chip tepi, di depan chip Qualcomm, Samsung, dan MediaTek lainnya… Ini adalah chipnya A15 Bionic, mungkin merupakan evolusi dari A14 Bionic dari tahun lalu. Ini mencakup CPU enam inti, GPU lima inti, dan chip Neural Engine 16 inti… Ini benar-benar resep unik untuk iPhone, yang setidaknya satu tahun lebih maju dari kompetisi. Selain itu, chip ini sekarang memungkinkan pemrograman Dua eSIM sekaligus. Ini adalah hal baru kecil yang tetap menarik dalam kasus penggunaan tertentu.

IPhone 13 Pro dan Pro Max juga memiliki sensor lidarSelain modul tiga kamera di bagian belakang. Saat ini, penggunaannya masih terbatas pada augmented reality, yang sudah dimungkinkan pada smartphone Android, serta beberapa fungsi khusus (fungsi ini memungkinkan Anda untuk mengukur jarak).