Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Apa yang kita tonton malam ini? “Hanya akhir dunia” di Aarti

Grand Jury Prize di Cannes, “Juste la fin du monde” dibedakan oleh aktor yang diperbesar dan emosi yang jernih. Film ini dapat ditonton mulai 23 Juni hingga 30 Juni di arte.tv.

Adaptasi karya Jean-Luc Lagars, Hanya akhir dunia Dia pergi pada tahun 2017 dengan tiga Césars termasuk Sutradara Terbaik untuk Xavier Dolan.

Mari kita mulai dari tengah, dan kedipan halus yang dikirim Gaspard Uliel ke Vincent Cassel. Mereka adalah saudara, mereka tidak bertemu selama dua belas tahun, dan mereka saling memandang, diam, dan tiba-tiba mereka mengganggu satu sama lain dengan gerakan kecil tak terduga yang mengatakan semua tentang simpanan yang tak terkatakan. Dans la maison familiale, quelque part en France (on n’en saura pas plus), en ce dimanche de canicule, le fils prodigue an accepté de revenir une dernière fois, pour annoncer ses proches qui ne le sont plus, qu’il akan mati.

Natalie Bay bersinar sebagai ibu Modovarian

Dari apa kamu mati? Kita tidak akan tahu, tetapi kita dapat berasumsi bahwa AIDS berada di ambang kemenangan, seperti yang terjadi pada tahun 1995, pada usia 38 tahun, penulis drama Jean-Luc Lagars, penulis teks yang dikutip di sini oleh Xavier Dolan. Gaspard Uliel, seolah terjebak pada kunci YSL dan belum bisa diperbaiki, menjelaskan artis DC ini (” Apakah Anda masih di lingkungan … lingkungan gay? “ ibunya bertanya kepadanya), yang telah menjadi legenda bagi keluarganya bahwa dia tidak lagi melihatnya, tetapi membuatnya dipuja dengan secara teratur mengirimi mereka kartu pos.

Kolektor surat-surat elips ini, Natalie Bay, yang bersinar sebagai ibu Modovarian (terlihat seperti Carmen Mora dalam beberapa foto) dan Léa Seydoux, yang melucuti adik perempuan pedesaannya dengan tato tua, menjadi orang ke-31 yang menyambut Angsa yang tampan, sementara Vincent Cassel, kakak laki-laki yang memilih untuk Dia menjadi semut (lama kita tidak melihatnya dengan baik), menelan banyak perhatian yang didapat Cicada-Oliel. Lalu ada istrinya, saudara iparnya, Marion Cotillard, seekor burung kecil yang lembut dan canggung di tengah medan perang ini.

READ  Julien Courbet sangat terpukul dengan kematian ibunya

Kebutuhan sinematik

Menggambarkan huruf panjang lebar tidak berlebihan, karena hanya ada mereka. Plot, seperti kartu pos tersebut, dikumpulkan selama beberapa jam (sebelum dan sesudah makan siang), dan beberapa koleksi (ruang tamu, kamar tidur, dan di dalam mobil). Terdiri dari 90% close-up wajah para aktor (semua yang terbaik), film ini hanya terdiri dari diskusi, seringkali pahit, dan terkadang lucu, seperti ringkasan kebencian keluarga yang telah kita lihat seratus kali – dua kali tahun ini sendirian di Cannes, di Puyo Christie atau Paul Verhoeven, dan di Dolan sendiri, di Tom di pertanian -, tetapi pembuat film Quebec berusaha, dengan sukses, untuk merevitalisasi.

Itu bisa digambarkan di teater, justru sebaliknya. Dolan, jujur ​​pada dirinya sendiri, menahan setiap tembakan, sampai ke tenggorokannya, dengan kebutuhan sinematik. Difilmkan dalam 35mm, lima wajah ini menyerupai not musik di mana not tersebut ditulis, yang lebih membangkitkan kesederhanaan berulang dan disonan Philip Glass daripada simfoni pop dan liris dari film sebelumnya, Buta huruf.

waktu yang tersisa

Pasti ada musik pop – termasuk koreografi yang bagus cinta linden Roman set kitsch O-Zone; Atau ukiran dari pub Levis di sampul Françoise Hardy – tapi dia tidak bisa lagi menghapus tepi layar. Tidak perlu, Anda mungkin berkata, karena itulah kisarannya segera: kecuali format ini jarang tampak begitu menyesakkan, begitu sembrono, begitu muluk-muluk. mengapung Hanya akhir duniaSesuai dengan judulnya, The Smell of Death (Wajah Oliel tampak memudar hidup-hidup, dan foto terakhir mengerikan). Atau alih-alih aroma kematian, kesadaran yang dipertajam akan berlalunya waktu.

Film ini hampir tidak mulai dipotong secara brutal. Itu karena Xavier Dolan (bungsu bertelanjang kaki dari…ah maaf, Penghargaan Juri Khusus pada usia 25), adalah seorang pria yang terburu-buru. Sejak usia dua puluhan, ia telah mengumpulkan film fitur seperti klip lainnya, bergegas maju, menetapkan prioritas, dan membenci sastra. Dan film baru ini adalah film di mana ketakutan tidak punya waktu paling jelas. Jadi dia langsung ke inti intinya, tanpa rayuan: tidak ada kebencian yang tidak layak untuk saling mencintai.

READ  Crowds: "Paradise Camp" adalah pemimpin besar di depan "Our Happy Days" dan "Everyone Knows", TMC dan Art to the Million

Dan itu semua berlalu sekilas, lihat di antara saudara-saudara yang tahu sudah terlambat, tetapi Anda masih harus memainkan permainan. Ini hanya mengedipkan mata, dan itu bagus.

Hanya akhir dunia Oleh Xavier Dolan, disiarkan pada hari Rabu, 23 Juni pukul 20:55 di Arte.