Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Apakah itu flu atau covid-19? Sulit membedakan gejala tahun ini

Dokter mengharapkan musim flu Menjadi sulit tahun ini, dan dengan itu datang tantangan lain: mencari tahu apakah gejala Anda menunjukkan flu, Covid-19 atau sesuatu yang lain.

Banyak gejala influenza dan Covid-19 yang serupa. Demam, kelelahan, dan nyeri dapat terjadi pada keduanya. Seringkali gejala infeksi terobosan Covid-19 yang lebih ringan pada orang yang divaksinasi – terkadang termasuk pilek atau bersin –Itu bisa membuat membedakan lebih sulit Antara dua penyakit, atau dari pilek atau alergi.

“Anda mungkin mengira itu hanya hidung tersumbat atau gejala alergi, tapi bisa juga sesederhana Anda infeksi penetrasiCameron Wolfe, seorang spesialis penyakit menular di Duke University Hospital di Durham, North Carolina, mengatakan:

Inilah yang menurut dokter harus Anda ketahui tentang membedakan Covid-19 dengan penyakit lain, dan apa yang harus dilakukan jika Anda sakit.

Bagaimana gejala superinfeksi Covid-19 dibandingkan dengan flu, pilek, dan penyakit lainnya?

Gejala infeksi Covid-19 pada orang yang divaksinasi biasanya lebih ringan dan durasinya lebih pendek daripada orang yang tidak divaksinasi. Tingkat keparahan yang lebih rendah dapat membuat gejala lebih mirip dengan flu atau pilek. Gejala terobosan dapat mencakup pilek, kelelahan, dan batuk.

Salah satu gejala yang biasanya spesifik untuk Covid-19 adalah hilangnya rasa atau penciuman. “Gejala dan tanda klinis influenza dan Covid-19 hampir identik dikurangi perbedaan hilangnya penciuman dan rasa,” kata Daniel Uslan, co-chair pencegahan infeksi di UCLA Health di Los Angeles.

Namun, infeksi Covid-19 tidak selalu menyebabkan hilangnya rasa atau bau. Jadi orang tidak boleh berasumsi bahwa mereka bebas Covid jika mereka masih memiliki indra itu. Dokter mengatakan penting untuk melakukan tes seperti yang diarahkan oleh dokter Anda untuk menentukan penyebab gejala Anda.

READ  Masker tidak diperlukan di dalam ruangan untuk vaksinasi; Mendorong vaksinasi terhadap COVID-19 | Berita
Masa inkubasi apa yang dapat menunjukkan kemungkinan penyakit?

Dengan Covid-19 versi asli, gejalanya seringkali membutuhkan waktu lebih lama untuk muncul dibandingkan dengan infeksi flu. Jadi jika Anda jatuh sakit segera setelah seseorang sakit dengan gejala yang tidak terdiagnosis, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda terkena flu dan bukan Covid-19. tetapi, Variabel delta lazim sekarang Ini cenderung menghasilkan gejala lebih cepat dari keturunan sebelumnya. “Sulit untuk mengatakan berdasarkan kamar bayi,” kata Dr. Wolf. “Kurasa itu tidak benar lagi.”

Bagaimana membedakan influenza dan Covid-19 pada anak?

Sama seperti pada orang dewasa, sulit untuk membedakan antara flu dan Covid-19 pada anak-anak. Anak-anak dengan flu atau Covid-19 cenderung mengalami lebih banyak masalah pencernaan daripada orang dewasa pada awal penyakit, kata Fleur Munoz, spesialis penyakit menular pediatrik di Rumah Sakit Anak Texas di Houston. Ia menambahkan, anak-anak yang mengalami gejala Covid-19 cenderung mengalami infeksi saluran pernapasan atas ringan. Dokter mengatakan penting untuk melakukan tes seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Musim flu semakin dekat dan para ahli kesehatan memperkirakan akan lebih buruk dari tahun lalu. Felicia Schwartz dari Wall Street Journal menjelaskan mengapa musim ini lebih awal dan lebih intens dan tindakan pencegahan apa yang dapat dilakukan orang selama pandemi Covid-19. Foto: Joe Riddell/Getty Images

Haruskah Anda dites untuk flu dan Covid-19?

Dokter merekomendasikan pengujian untuk keduanya jika Anda memiliki gejala. Pengujian PCR – biasanya dilakukan di apotek, kantor medis atau lokasi lain, dan diproses oleh laboratorium – tetap menjadi metode yang paling sensitif dan akurat untuk mendeteksi Covid-19. tetapi, Tes antigen cepat yang dijual bebas Sangat andal pada orang dengan gejala, mereka mungkin lebih tepat. Tes cepat menunjukkan hasil dalam waktu sekitar 15 menit, dan Anda dapat membeli kit untuk digunakan di rumah.

Jika rapid test-nya negatif, tetap harus menjalani tes PCR jika gejalanya terus berlanjut, kata dr Uslan. Dokter Anda juga dapat memeriksa Anda untuk penyakit lain, termasuk flu.

Dapatkah data kesehatan setempat membantu Anda memahami gejala Anda?

Departemen kesehatan sering mempublikasikan data tentang berbagai penyakit untuk membantu penyedia medis. Statistik lokal dapat memberi tahu Anda kapan kasus flu mulai muncul di wilayah Anda dan juga dapat membantu Anda melacak virus lain seperti RSV yang muncul lebih awal dari biasanya tahun ini. Dokter mencatat bahwa jika ada penyakit yang menyebar pada tingkat yang sangat tinggi, Anda lebih mungkin untuk bersentuhan dengannya.

Apakah mungkin untuk mendapatkan beberapa infeksi sekaligus?

Dimungkinkan untuk tertular lebih dari satu virus ini pada satu waktu, meskipun ini tidak umum seperti infeksi tunggal. Ini mungkin lebih mungkin terjadi pada anak-anak yang berada di tempat penitipan anak atau di sekolah di mana banyak virus biasa terjadi, kata Dr. Munoz, yang juga anggota komite American Academy of Pediatrics untuk penyakit menular. “Co-infeksi dapat terjadi, terutama pada anak kecil,” katanya. Pada anak-anak, tambahnya, RSV dan adenovirus dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius daripada pada orang dewasa. Ikuti petunjuk dokter Anda untuk perawatan.

Haruskah saya mendapatkan vaksin untuk Covid-19 dan flu?

Ya, kata dokter. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan Anda bisa mendapatkan vaksinasi flu dan Covid-19 secara bersamaan.

menulis ke Alina Dizik di [email protected]

Hak Cipta © 2021 Dow Jones & Company, Inc. semua hak disimpan. 87990cbe856818d5eddac44c7b1cdeb8