SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Arsip Harus Dikelola secara Profesional

  • Reporter:
  • Rabu, 13 November 2019 | 12:25
  • Dibaca : 88 kali
Arsip Harus Dikelola secara Profesional
Asisten Pemerintahan II Pemkab Natuna Tasrif Amran membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Statis selama dua hari di Hotel Tren Central, Ranai, Selasa (12/19). /SHOLEH ARIYANTO

NATUNA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kabupaten Natuna meggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Statis selama dua hari di Hotel Tren Central, Ranai, Selasa (12/19).

Acara dibuka oleh Asisten II Setda Natuna Tasrif Amran. Ia mengatakan, Arsip merupakan sumber informasi dan sebagai bahan pertanggungjawaban yang autentik dan juga merupakan sebuah keharusan bahwa pengelolaan berbagai bentuk dokumentasi arsip diselenggarakan secara profesional sesuai kaedah aturan yang berlaku.

Meskipun begitu terkadang ditemukan berbagai dokumen yang dianggap tidak memiliki nilai atau bersifat biasa namun sebagian besar dokumen tersebut akan memiliki nilai jika dilampirkan dengan dokumen lain yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Tentunya dalam penyelenggaraan pemerintahan Hal ini tidak menjadi perhatian dan kepedulian serta kemampuan manajerial seorang aparatur yang mampu memilah dan mengelola dokumen arsip secara lebih kreatif dan andal.

“Perlu saya tekankan bahwa peran saudara sekalian para pengelola kearsipan di setiap OPD sangat penting karena di tangan saudara segala informasi dikumpulkan menjadi data utuh dan menyeluruh merekam segala aktivitas kedinasan berbagai kebijakan serta bahan pertimbangan yang sudah barang tentu memiliki nilai penting”, kata Tasrif kepada peserta.

Selanjutnya, kepada narasumber yang telah hadir, atas nama Pemerintah kabupaten Natuna ia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya karena telah sudi meringankan langkah dan meluangkan waktu untuk berbagi informasi.

“Saya berharap semoga informasi yang tercurah dapat menambah wawasan keterampilan dan kreativitas bagi para aparatur mengelola kearsipan di seluruh OPD,” ujarnya.

Tasrif juga berharap kepada para peserta kegiatan untui benar-benar fokus dalam mengikuti kegiatan agar nantinya Informasi yang diserap berguna dalam pelaksanaan tugas terutama dalam pengelolaan kearsipan statis di mana dokumen Arsip yang dimaksud memiliki nilai kesejarahan.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com