Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Astronot Apollo 17 mengumpulkan bebatuan yang mengungkap usia Bulan sebenarnya

Astronot Apollo 17 mengumpulkan bebatuan yang mengungkap usia Bulan sebenarnya

Catatan Editor: Versi cerita ini muncul di buletin sains CNN, Wonder Theory. Untuk mendapatkannya di kotak masuk Anda, Daftar gratis di sini.



CNN

Bulan adalah pendamping tetap planet kita, dan hanya tersembunyi dari pandangan sebulan sekali ketika orbitnya berada di antara Bumi dan Matahari.

Satelit terbesar bumi telah lama menjadi sumber kekaguman dan keheranan. Menginspirasi imajinasi seniman dan penulis selama ribuan tahun. Gravitasi Bulan juga merupakan kekuatan pendorong terjadinya pasang surut air laut, dan salah satu alasan mengapa planet kita mempunyai waktu 24 jam sehari.

Pastikan untuk melihat Sabtu malam, saat Bulan Pemburu akan bersinar di langit malam. Para pengamat langit yang beruntung di Eropa, Afrika, sebagian besar Asia, dan Australia Barat juga akan melakukannya Melihat gerhana bulan sebagianSaat bayangan Bumi tampak “menggigit” Bulan.

Meski Bulan merupakan tetangga terdekat Bumi, namun masih banyak misteri yang tersisa, misteri yang bisa dipecahkan dengan mengunjungi permukaan Bulan.

NASA

Ahli geologi dan astronot Harrison Schmidt menggunakan sendok sampel yang dapat disesuaikan untuk mengambil sampel bulan selama misi Apollo 17 pada tahun 1972.

Ketika astronot Apollo 17 Eugene Cernan dan Harrison Schmitt mengumpulkan batu dan debu dari permukaan bulan pada tahun 1972, mereka secara tidak sengaja menjawab salah satu pertanyaan terbesar tentang bulan: usianya.

Lebih dari 50 tahun setelah mengumpulkan sampel, para ilmuwan menemukan kristal di debu bulan yang mengungkap keberadaan kehidupan asing Bulan berusia 40 juta tahun lebih tua dari perkiraan sebelumnya.

Bulan terbentuk ketika sebuah benda seukuran Mars bertabrakan dengan Bumi, melontarkan bongkahan batu besar ke luar angkasa yang memasuki orbit di sekitar planet kita. Kristal zirkon terbentuk ketika bulan mendingin 4,46 miliar tahun yang lalu, dan analisis baru telah melacaknya dalam sampel Apollo 17.

READ  Risiko infeksi BA.5 di antara orang yang terpapar varian SARS-CoV-2 sebelumnya

“Sungguh menakjubkan bisa mendapatkan bukti bahwa batu yang ada di dalamnya adalah bagian tertua dari bulan yang pernah kami temukan,” kata Jenica Greer, peneliti ilmu bumi di Universitas Glasgow.

Awal mula kehidupan manusia masih menjadi misteri bagi para ilmuwan.

Ketika sperma menyatu dengan sel telur, proses kompleks menghasilkan sel-sel kecil yang membelah dan berkembang biak hingga membentuk tubuh manusia yang berisi lebih dari 30 triliun sel.

Namun perkembangan awal embrio manusia, terutama pada bulan pertama, menimbulkan tanda tanya besar yang ingin dijawab oleh para ilmuwan.

Kemajuan dalam sel induk digunakan untuk Menciptakan struktur mirip embrioAtau sel yang meniru embrio tetapi tidak menghasilkan embrio. Namun penemuan ini menimbulkan pertanyaan etis tentang bagaimana embrio digunakan atas nama ilmu pengetahuan dan kesehatan perempuan.

Badan Konsultasi/Lingkungan JBA

Jejak kaki dinosaurus ditemukan di pantai sebelah kafe, tempat parkir mobil, dan terminal bus di Pulau Wight, Inggris.

Insinyur Menemukan jejak kaki dinosaurus berusia 125 juta tahun Di samping kafe tepi pantai di sepanjang Pulau Wight sambil mencari cara untuk mengurangi erosi pantai dan banjir.

Cetakan berjari tiga kemungkinan besar dibuat oleh Mantelisaurus, dinosaurus herbivora yang hidup pada periode Kapur Awal.

Nick Gray, Direktur Regional untuk Bencana Banjir dan Pesisir di Badan Lingkungan Hidup Inggris, mengatakan: “Dinosaurus tempat tim kami bekerja menyatukan hal-hal lama dan baru – tantangan modern dalam memerangi perubahan iklim dalam periode waktu yang hanya dapat kita bayangkan.”

Secara terpisah, reruntuhan pemakaman Neolitikum berusia 5.000 tahun ditemukan di Kepulauan Orkney di Skotlandia. Situs tersebut berisi lebih dari selusin kerangka pria, wanita dan anak-anak, termasuk pasangan suami istri Yang sepertinya sedang merangkul.

READ  Sepenuhnya Baru, Katalis Murah Mempercepat Produksi Oksigen Dari Air

Beberapa teleskop menyaksikan ledakan kosmik besar yang melepaskan gelombang cahaya lebih terang dari seluruh galaksi Bima Sakti kita.

Ledakan yang disebut kilonova ini terjadi ketika dua bintang neutron bertabrakan sehingga melepaskan bintang neutron tersebut Semburan cahaya yang energik.

Teleskop Luar Angkasa James Webb juga Deteksi tanda tangan unsur kimia langka Pasca ledakan, seperti telurium, yang digunakan untuk mewarnai kaca, dan yodium, yang penting bagi sebagian besar kehidupan di Bumi.

NASA

Bentang alam kuno telah ditemukan di bawah es, di dalam Gletser Denman di Antartika Timur yang ditunjukkan di sini.

Sebuah lanskap kuno telah ditemukan di bawah lapisan es di Antartika Timur, berkat radar penembus es.

Daerah tersebut, kira-kira seluas Belgia, terdiri dari sungai-sungai dan kemungkinan besar menyerupai perbukitan dan lembah di Wales Utara sebelumnya. Wilayah ini ditutupi oleh lapisan permafrost lebih dari 14 juta tahun yang lalu.

“Tanah di bawah lapisan es Antartika Timur kurang diketahui dibandingkan permukaan Mars,” kata Stuart Jamieson, profesor di Departemen Geografi di Universitas Durham di Inggris.

Memahami bentang alam yang tersembunyi dan terpelihara dengan baik ini dapat membantu para ilmuwan memprediksi evolusi lapisan es dan bagaimana hal tersebut dapat membaik seiring dengan meningkatnya suhu dalam krisis iklim.

Pada saat yang sama, gambar-gambar yang tidak diklasifikasikan yang diambil oleh satelit mata-mata AS pada era Perang Dingin telah terungkap Ratusan benteng zaman Romawi yang sebelumnya tidak diketahui Di seluruh Irak dan Suriah, banyak bangunan mungkin sudah hancur.

Temuan baru ini mungkin akan mengejutkan Anda:

– Teleskop Mata-Mata Webb A Aliran jet berkecepatan tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya Berlomba di sekitar ekuator Jupiter.

READ  Suara luar angkasa: Jingle, cabut dan dengung

– Lagu-lagu yang pahit mungkin sesuai dengan perintah dokter Mengurangi persepsi nyerimenurut penelitian baru.

— Batuan vulkanik yang ditemukan di salah satu pulau terbesar di dunia mengandung bukti bahwa bumi mungkin mempunyai inti Kebocoran helium lama Selama jutaan tahun.

Suka dengan apa yang saya baca? Oh, tapi masih ada lagi. Daftar disini Untuk menerima edisi Wonder Theory berikutnya di kotak masuk Anda, yang dipersembahkan oleh penulis CNN Space and Science Ashley Strickland Dan Katie Berburu. Mereka menemukan keajaiban planet-planet di luar tata surya kita dan penemuan-penemuan dari dunia kuno.