Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Astronot China melakukan perjalanan luar angkasa | berita Dunia

Dua astronot China melakukan perjalanan luar angkasa pertama negara itu dalam 13 tahun di luar unit inti stasiun ruang angkasa Tianhe pada hari Minggu, mengangkat kamera mereka dan menguji lengan robot sepanjang 15 meter.

Astronot China Liu Beoming dan Tang Hongbo meninggalkan unit utama stasiun luar angkasa Tianhe pada Minggu pagi untuk melakukan kegiatan ekstravehicular, kata media pemerintah mengutip Badan Antariksa Berawak China.

Mereka menghabiskan tujuh jam di luar stasiun luar angkasa yang sedang dibangun sebelum kembali dengan selamat.

Seorang astronot China di kapal Shenzhou-7 melakukan perjalanan ruang angkasa selama 20 menit pada tahun 2008.

Stasiun China merupakan langkah penting dalam program luar angkasa yang ambisius. Beijing telah mendaratkan rover di Mars dan mengirim probe ke bulan.

Pada tanggal 17 Juni, tiga astronot, Liu, Tang dan Ni Haisheng, yang tinggal di dalam Tianhe selama perjalanan ruang angkasa hari Minggu, meluncur di atas pesawat ruang angkasa Shenzhou-12 untuk menjadi awak stasiun pertama.

Mereka akan tinggal di Tianhe selama tiga bulan dalam misi berawak terlama di China hingga saat ini.

Liu adalah veteran misi Shenzhou 7 pada 2008, dan tiga di antaranya adalah pilot dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat.

“Kembalinya astronot Liu Boming dan Tang Hongbo yang aman ke unit inti Tianhe merupakan keberhasilan lengkap dari perjalanan luar angkasa pertama dalam pembangunan stasiun ruang angkasa negara kita,” kata CMSA.

Tugas mereka termasuk mengangkat kamera panorama di luar unit pangkalan Tianhe dan menguji lengan robot stasiun, yang akan digunakan untuk memindahkan unit masa depan di sekitar stasiun, kata badan antariksa itu, menambahkan bahwa para astronot memasang penghenti kaki di lengan robot, dengan dukungannya melakukan pekerjaan perakitan lainnya.

READ  Donald Trump, virus corona, mengatakan dia benar tentang virus China yang berasal dari laboratorium Wuhan

Dalam klip video yang dirilis oleh media pemerintah China untuk Liu meninggalkan kabin, dia berteriak, “Wow, sangat indah di sini.”

CMSA mengatakan para astronot yang mengenakan generasi baru EMU buatan sendiri, yang berarti perjalanan ruang angkasa, menyelesaikan pemasangan pijakan kaki dan EMU pada lengan mekanik.

China Daily yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa seluruh operasi dilacak dan diarahkan oleh Beijing Aerospace Control Center. Laporan China Daily menyatakan bahwa “operasi mereka menjadikan China negara ketiga di dunia, setelah bekas Uni Soviet dan Amerika Serikat, yang mampu berjalan di luar angkasa secara mandiri.”

Orang pertama yang melakukan perjalanan ruang angkasa adalah Alexei Leonov dari Uni Soviet, yang tinggal lebih dari 12 menit di luar pesawat ruang angkasa Voskhod 2 pada 18 Maret 1965. Sebanyak 232 kosmonot, kebanyakan orang Amerika dan Rusia, melakukan perjalanan ruang angkasa.

Shenzhou XII, misi luar angkasa berawak ketujuh Tiongkok, adalah bagian dari program Stasiun Tiangong, yang bertujuan untuk menyelesaikan stasiun tiga komponen di orbit Bumi rendah 390 km di atas permukaan Bumi sebelum akhir 2022.