Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Badan Antariksa Eropa menyelenggarakan siaran langsung pertama di Mars



CNN

Pada awalnya, pemirsa di Bumi mendapat kesempatan untuk melihat Mars hampir secara real time.

itu Siaran ESA di YouTube Gambar langsung sejarah langsung dari Mars.

Gambar dibagikan di YouTube, Twitter ESA Akun dan tagar #MarsLIVEItu menunjukkan planet dengan cara yang belum pernah terlihat sebelumnya, kata Badan Antariksa Eropa.

Acara tersebut menandai peringatan 20 tahun peluncuran pengorbit Mars Express milik NASA – sebuah misi untuk mengambil gambar 3D dari permukaan planet untuk melihatnya secara lebih lengkap.

kata James Godfrey, direktur operasi pesawat ruang angkasa Pusat kendali misi Badan Antariksa Eropa di Darmstadt, Jerman, dalam sebuah pernyataan. “Saya senang melihat Mars seperti sekarang – sedekat mungkin dengan Mars ‘sekarang’!”

Tapi bukankah kita pernah melihat gambar Mars sebelumnya? Ya, tapi tidak hidup, kata ESA.

Badan Antariksa Eropa mengatakan bahwa data dan pengamatan Planet Merah sering diambil saat pesawat ruang angkasa tidak bersentuhan langsung dengan Bumi, sehingga gambar disimpan hingga dapat ditransmisikan kembali.

Bergantung pada posisi Mars dan Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari, pesan yang melintasi ruang angkasa dapat memakan waktu antara 3 hingga 22 menit.

Badan tersebut mengatakan bahwa Badan Antariksa Eropa memperkirakan bahwa cahaya yang dibutuhkan untuk membentuk gambar akan memakan waktu sekitar 17 menit untuk melakukan perjalanan langsung dari Mars ke Bumi dan kemudian satu menit lagi untuk melewati kabel dan server di Bumi untuk memulai siaran langsung.

“Perhatikan, kami belum pernah mencoba hal seperti ini sebelumnya, jadi waktu perjalanan yang tepat dari sinyal di darat masih belum pasti,” kata agensi tersebut dalam sebuah pernyataan menjelang acara tersebut.

Colin Wilson, ilmuwan proyek di Badan Antariksa Eropa, mencatat bahwa tidak ada bintang yang terlihat di latar belakang gambar karena Mars sangat terang.

“Jika Anda sangat dekat dengannya, itu jauh lebih terang,” kata Wilson, dan itu mengaburkan bintang-bintang di sekitarnya pada sudut yang sama dari mana pesawat ruang angkasa mengambil gambar.

Tetapi jika Anda berada di pesawat ruang angkasa Mars Express, Anda akan dapat melihat banyak alam semesta, tambah Wilson. “Dan itu sebenarnya penting untuk navigasi Mars Express,” katanya. Pesawat ruang angkasa menggunakan peta onboard dan pencitraan bintang-bintang untuk mengorientasikan diri di ruang angkasa, sama seperti manusia menavigasi lautan berabad-abad yang lalu.

ESA

Mars tampaknya bergerak melalui bingkai foto selama umpan langsung, saat pesawat ruang angkasa Mars Express bergerak melintasi planet. Bagian belakang planet juga tampak berbayang karena itu adalah malam Mars, setara dengan separuh Bumi dalam kegelapan pada waktu tertentu.

Selama satu jam, pandangan baru Mars diharapkan terjadi setiap 50 detik, menurut rilis tersebut sebuah agensi sebelum acara. Namun, para ilmuwan ESA memperhatikan bahwa untuk beberapa waktu, transmisi dari Mars terputus, karena stasiun bumi di dekat Madrid mengalami cuaca buruk.

Beberapa penonton mungkin juga memperhatikan bahwa Planet Merah tidak tampak semerah yang diharapkan. Jorge Hern√°ndez Bernal, bagian dari tim kamera Mars Express yang terlihat, memperhatikan selama siaran langsung bahwa Mars muncul seolah-olah Anda mengambil gambar dengan iPhone, bukan seperti yang terlihat dengan mata telanjang.

READ  Bulan Strawberry di bulan Juni akan mencapai puncaknya pada hari Selasa

“Warna adalah subjek yang sangat kompleks terkait dengan cara kerja mata kita,” katanya. Gambar pesawat ruang angkasa juga menjalani beberapa pemrosesan untuk menghilangkan “noise” — atau gangguan yang tidak diinginkan pada gambar — yang juga dapat mengubah penampilannya.

Gambar bernilai sekitar satu jam dikirim kembali dari Mars Express sebelum pesawat ruang angkasa bergerak terlalu jauh dari Mars untuk terus menangkap planet tersebut. Para ilmuwan mencatat bahwa pembaruan tambahan akan dibagikan Twitter.