Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bagaimana cara kerja Starlink? Internet dari orbit dikirim ke Ukraina oleh Elon Musk

Starlink adalah jaringan satelit milik anak perusahaan SpaceX milik Elon Musk. Ketika Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, miliarder itu memutuskan untuk memberi Ukraina akses ke teknologi modern. Berkat ini, warga dapat terhubung ke jaringan, dan militer juga menggunakannya menggunakan Starlink, antara lain, untuk mengoordinasikan pergerakan drone.

Stasiun Starlink di Ukraina. Wakil Perdana Menteri: Terima kasih, Elon Musk

Layanan Starlink sudah aktif di Ukraina – kata Elon Musk, presiden SpaceX, yang menyediakan Internet melalui …

lihat lebih banyak

Starlink menciptakan akses internet dengan mengirimkan data menggunakan cahaya, seperti halnya serat optik. Namun, transmisi ini dilakukan melalui satelit. Untuk tujuan ini, pengusaha Elon Musk telah membangun jaringan satelit selama bertahun-tahun, di mana masing-masing satelit mengirimkan data yang relevan satu sama lain.

Perusahaan ini dimiliki oleh Musk SpaceX telah menempatkan sekitar 2.300 satelit ke orbit rendah sejak 2019. Pada akhirnya, jaringan akan diperluas menjadi 42.000 satelit. SpaceX telah mengajukan aplikasi ke Komisi Komunikasi Federal AS (FCC).

Untuk menggunakan data satelit, Anda juga memerlukan penerima terestrial yang menghubungkan perangkat ke satelit terdekat seperti router. Penerima mengatur antena, mirip dengan antena parabola TV, ke satelit yang tersedia dan membuat koneksi Internet.

Starlink bukanlah perusahaan pertama yang menawarkan internet satelit, tetapi Starlink memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pesaingnya: Internet satelit relatif mudah digunakan dan aliran data terus menerus dan sangat cepat. Ini karena satelit Starlink mengorbit Bumi pada ketinggian 328 hingga 614 kilometer, jauh lebih rendah daripada satelit pesaing.

Sebagai perbandingan, satelit dari Hughesnet, pemimpin sebelumnya di bidang ini, mengorbit Bumi pada ketinggian 35.000 km. Akibatnya, transmisi data memakan waktu sekitar sepuluh kali lebih lama daripada transmisi data menggunakan Starlink.

READ  Grupa Ringier Axel Springer Polska inwestuje w No Fluff Jobs - Biznes

Sampai sekarang Starlink hanya tersedia di wilayah tertentu. Ke-32 negara tersebut meliputi sebagian Amerika Serikat, Kanada, Eropa Tengah dan Selatan, sebagian Amerika Latin, dan Australia selatan. Jadi ini bukan domain yang awalnya saya maksudkan untuk internet satelit.

Mungkin ini karena Internet satelit Starlink yang mahal. Lajang Harga receiver ini sekitar $600 di AS. bulanan Biaya penggunaan $110.

Dalam hal ini, Internet satelit tidak terlalu menguntungkan di wilayah dengan jangkauan jaringan yang baik atau memuaskan, seperti Eropa.

INFO ANDA - HUBUNGI INFO TVP

Aplikasi seluler TVP INFO untuk perangkat selulerAplikasi seluler TVP INFO untuk perangkat seluler

sumber:

# Ukraina


#Rusia


#perang


#musk semangka


#tautan bintang