Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bank tertua di dunia dengan masa depan yang tidak pasti

DrPenyelamatan bank tertua di dunia, Monte dei Paschi dari Siena, berada di ambang kegagalan. Pembicaraan tentang pengambilalihan bank besar Italia UniCredit diperkirakan akan berakhir tanpa hasil dalam beberapa hari mendatang, kantor berita Reuters melaporkan. Baik bank maupun pemerintah, yang bertujuan untuk privatisasi sebagai pemilik terbesar Monte dei Paschi, tidak mengkonfirmasi laporan tersebut, tetapi pada hari Minggu ada sedikit keraguan bahwa pemerintah sekarang harus mencari solusi baru berdasarkan informasi tidak resmi di Roma dan Milan. .

Sejauh ini, target privatisasi sudah selesai pada pertengahan tahun depan. Sekarang pemerintah Italia dapat meminta perpanjangan tenggat waktu, katanya di Roma. Masa depan bank juga akan tergantung pada ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Sentral Eropa sebagai otoritas pengawas bank dan Komisi Uni Eropa sebagai pengontrol distorsi negara dalam persaingan.

Monte dei Paschi adalah restrukturisasi terbesar di sektor perbankan Italia. Masa depan bank yang sekarang tidak pasti merupakan pukulan lain bagi Siena dan Tuscany. Lembaga kredit, yang didirikan pada 1472, terkait erat dengan sejarah kota, dananya telah mengalir ke layanan kesehatan, taman kanak-kanak, dan universitas setempat selama lima abad. Fakta bahwa Monte dei Paschi mensponsori pacuan kuda Siena yang terkenal, Palio, menunjukkan hubungan yang erat. Untuk waktu yang lama bank berada di bawah kendali perusahaan yang didukung oleh kota Siena. Sumbangan murah hati yang didanai oleh lembaga budaya dan amal.

Tapi ini adalah masa lalu. Monte dei Paschi harus dinasionalisasi pada 2017 setelah diketahui bahwa bank tersebut memiliki kerugian tersembunyi ratusan juta euro dalam kontrak derivatif yang kompleks. Beberapa karyawan dipenjara setelah skandal yang juga berkontribusi pada kebangkitan partai populis dalam politik Italia. Sejak nasionalisasi, bank telah menjadi masalah anak bagi pemerintah. Pada bulan Juli tahun ini, tidak satu pun dari 50 bank yang diperiksa lebih buruk dari Monte dei Paschi dalam stress test oleh European Banking Authority (EBA).

READ  Euro 2020 bersama Pedroncka. Beli dan hemat uang setiap akhir pekan di bulan Juni