Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Banyan, 150, diimpor dari India, berjuang untuk selamat dari kebakaran Hawaii |  berita Dunia

Banyan, 150, diimpor dari India, berjuang untuk selamat dari kebakaran Hawaii | berita Dunia

Sebuah pohon beringin berusia 150 tahun yang diimpor dari India dan salah satu yang terbesar di AS saat ini sedang berjuang untuk bertahan hidup saat kebakaran hutan yang mematikan melanda pulau Maui di Hawaii, Membakar bangunan dan membunuh lebih dari 50 orang.

Alasan panennya adalah peringatan 50 tahun misionaris Protestan Amerika pertama di Lahaina — peristiwa monumental yang mengubah lintasan Lahaina selamanya, katanya. (AFP)

Pohon beringin 46 batang, yang disebut baniana di Hawaii, hanya setinggi 8 kaki ketika ditanam di kota Lahaina di Maui pada tahun 1873, menurut portal internet lahainatown.com.

Alasan panennya adalah peringatan 50 tahun misionaris Protestan Amerika pertama di Lahaina — peristiwa monumental yang mengubah lintasan Lahaina selamanya, katanya.

Diimpor dari India dan ditanam di depan Gedung Pengadilan Lahaina dan Pelabuhan Lahaina pada tahun 1873, pohon yang luas ini—salah satu pohon beringin terbesar di Amerika Serikat—di sepanjang Front Street seukuran satu blok kota dan tingginya lebih dari 60 kaki. tinggi, menyatakan portal online gohawaii.com.

Menurut laporan berita CNN, terjadi kehancuran yang meluas di kota bersejarah Lahaina. Segala sesuatu di pusat kota hancur total. Kebakaran meninggalkan sedikit tumbuh-tumbuhan di pohon beringin yang luas dan berharga.

Pohon beringin merayakan ulang tahunnya yang ke-150 pada bulan April tahun ini.

Meskipun kondisinya tidak jelas, foto menunjukkan bahwa pohon tersebut telah terbakar tetapi masih berdiri. Situs web kota mencatat bahwa pohon itu akan pulih, dengan mengatakan “Jika akarnya utuh, kemungkinan besar akan tumbuh kembali.”

Theo Morrison, direktur eksekutif Lahaina Restoration Foundation, mengatakan kepada BBC: “Saya cenderung berpikir ini akan baik-baik saja. Sangat sulit untuk membunuh pohon beringin.”

READ  Rusia dan China mengungkap jembatan pertama di jalan raya. Berikut adalah 5 hal yang harus Anda ketahui | berita Dunia

“Saya akan sangat terkejut jika itu tidak berjalan dengan baik,” katanya.

Pohon itu adalah tengara utama di Lahaina, memberikan keteduhan yang sejuk bagi generasi penduduk setempat dan pengunjung di bawah cabang-cabangnya yang besar dan tanaman merambat yang terkulai, menurut Otoritas Pariwisata Hawaii.

Acara dan pameran seni sering diadakan di bawah cabang-cabangnya.

Pohon itu memiliki 46 batang utama selain batang besar aslinya dan mencakup hampir dua pertiga hektar, menurut Lahaina Restoration Foundation.

Laporan CNN mengatakan kesehatan dan wujudnya dipertahankan oleh Komisi Arboretum Kabupaten Maui.

Kebakaran hutan dahsyat di Maui sejauh ini telah merenggut sedikitnya 55 nyawa. Ribuan orang masih mengungsi.