SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Gerbang Wisata ke Nusantara

  • Reporter:
  • Minggu, 16 Juni 2019 | 15:35
  • Dibaca : 203 kali
Batam Gerbang Wisata ke Nusantara

BATAM – Letak Batam yang berseberangan dengan negeri jiran seperti Singapura dan Malaysia menjadi nilai penting untuk meraup sebanyak-banyaknya kunjungan wisata ke Tanah Air. Potensi itu seharusnya dimanfaatkan untuk menjadikan Batam sebagai travel hub atau gerbang pariwisata untuk mendistribusikan wisatawan mancanegara (wisman) juga berkunjung ke daerah lain.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan, hingga April lalu, Batam sudah dikunjungi 616.329 wisman. Sepanjang 2018 lalu, daerah ini sudah dikunjungi 1.887.224 wisman.

“Ini sudah saya sampaikan ke semua Kepala Dinas Pariwisata se-Indonesia untuk memanfaatkan potensi ini,” kata Ardi, Minggu (16/6/2019).

Sesuai data, Batam merupakan kota terbanyak ketiga yang dikunjungi wisman di Indonesia setelah Bali dan Jakarta. Untuk itu, wisman yang berkunjung ke Batam bisa diarahkan untuk mengunjungi daerah lain di Nusantara.

“Kita siap membatu promosi dan atraksi untuk mengenalkan potensi wisata daerah lain ke wisman yang berkunjung ke Batam,” ujarnya.

Potensi ini, kata Ardi, terbukti dengan kunjungan wisman asal Prancis yang belum lama ini mengunjungi Batam. Setelah dari Batam, wisman tersebut diajak untuk mengunjungi Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

“Batam jadi gerbang bagi dunia pariwisata Nusantara,” kata mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam ini.

Ardi menjelaskan, daerah lain bisa ikut menggaet wisman dengan direct selling atau promosi langsung di Batam untuk mengenalkan daerah mereka. Hal ini tentu akan mendongkrak jumlah kunjungan wisman secara nasional. “Sayang kalau ini tidak dimanfaatkan, karena kita siap membantu,” kata Ardi.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com