SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Hainan Rayakan Lahirnya Dewi Mazu

Batam Hainan Rayakan Lahirnya Dewi Mazu
Batam Hainan Rayakan Lahirnya Dewi Mazu.

LUBUKBAJA – Batam Hainan Huikuan Guan merayakan kelahiran Dewi Mazu di Kompleks Ruko Baloi Point Black Golf Blok B1 Nomor 6 Batam, Rabu (19/4).

Purna Bakti Ketua, Tije menjelaskan, bahwa Batam Hainan Hui Guan adalah perkumpulan suku Hainan yang berada di Batam. Perkumpulan ini sudah memasuki tahun ke-10 dan acara seperti ini rutin diadakan tiap tahun. “Ini ulang tahun Dewi Mazu, perayaannya penanggalan kalender China tanggal 23 bulan ke 3,” ujarnya.

Dia menambahkan, orang Hainan mempercayai seorang dewi yakni Dewi Mazu yang dipercaya menjadi dewi pelindung keluarga. Rata rata orang Hainan menyembah dewi ini dan di rumah mereka, rata rata ada patung Dewi Mazu. “Kegiatannya adalah sembahyang bersama dipimpin Ketua Batam Hainan Hui Guan, Anthony Loy,” kata Tije.

Saat ini yang tercatat masuk dalam Batam Hainan Hui Guan ada 400 kepala keluarga (KK). Saat sembayang bersama, biasanya di depan altar Dewi Mazu diletakkan beras dan minyak goreng, buah buahan dan kebutuhan pokok lainnya sebagai sajian. Sajian itu lalu dibagikan ke anggota dan acara ini unik karena cara membaginya, yakni anggota yang menentukan keinginannya apa. “Anggota mau apa dari sajian yang telah dipersembahkan ke Dewi Mazu, terserah mau apa itu diberikan misal beras atau buah dan minyak itu,” katanya.

Semua yang disediakan saat acara diadakan dengan cara gotong royong. “Dari kita untuk kita, sumbangan bukan hanya materi tapi juga tenaga dan pikiran,” katanya.
Selain suku Hainan, biasanya orang China dari suku lainnya juga ada menyembah Dewi Mazu. Umumnya suku lain menyembah Dewi Mazu adalah yang tinggal di kawasan pesisir karena Dewi ini adalah penjaga Laut China Selatan.

Menurut dia, orang Hainan pasti menyembah Dewi Mazu. Tapi yang lain juga ada yang menyembah, terutama yang profesinya berhubungan dengan laut.

Yang menjadi perbedaan antara orang Hainan dan suku lainnya dalam menyembah Dewi Mazu terlihat dari sesembahannya. Untuk orang Hainan tiap sesembahannya pasti ada kue Yiubuak yang terbuat dari kacang tanah, kelapa dan tepung beras. “Kue ini kue khas Hainan, kalau di altar persembahan Dewi Mazu ada Yiubuak sudah pasti orang Hainan,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com