SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Perlu Dibangun PHI

  • Reporter:
  • Selasa, 13 Agustus 2019 | 13:46
  • Dibaca : 149 kali
Batam Perlu Dibangun PHI
Ilustrasi. DOK SINDO BATAM

BATAMKOTA – Sebagai daerah kawasan industri, Batam dinilai sudah sepantasnya untuk dibangun Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). Pasalnya, selama ini PHI ada di Tanjungpinang, sedangkan 90 persen perkara ketenagakerjaan berasal dari Batam. Hal ini sering menjadi keluhan para pekerja karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit saat akan bersidang.

“Kami harus ke Tanjungpinang saat ada persoalan perkara ketenagakerjaan. Tak hanya biayanya yang besar, tapi juga menghabiskan waktu yang pajang,” kata Ketua Konsulat Cabang (KC) FSPMI Kota Batam, Alfitoni di Kantor Wali Kora Batam, Senin (12/8).

Karena itu, pihaknya berharap Pemprov Kepri bersama Mahkamah Agug (MA) bisa mendirikan PHI baru untuk menyelesaikan perkara ketenagakerjaan di Batam. Ia mengaku sudah menyampaikan terkait hal tersebut kepada Gubernur Kepri, Pemko Batam, DPRD Kepri dan DPRD Batam, pemerintah daerah diharapkan turut mendukung keinginan para buruh tersebut.

Selain itu, pihaknya juga akan menyampaikan hal ini kepada Pengadilan Negeri (PN) Batam, sehingga bisa diteruskan ke MA. Pendirian PHI Batam dinilai sangat penting, karena dari segi biaya tentu akan lebih murah jika harus dibandingkan ke Tanjungpinang. Kemudian dari segi waktu dinilai juga akan lebih efesien jika palaksanaan sidang di Batam.

“Kami berharap pemerintah juga mendukung terkait hal ini, karena memang perkara ketenagakerjaan banyak terjadi di Batam,” katanya.

Alfitoni mengakui bahwa Tanjungpinang merupakan Ibu Kota Kepri, tapi tentunya bisa berkacamata dari Provinsi Jawa Timur. Di mana selain ada PHI Surabaya, ada juga PHI Gresik yang memang Gresik merupakan daerah industri sama seperti halnya dengan Batam. Sehingga ia menilai hal ini tidak ada melanggar aturan yang ada

PHI merupakan pengadilan khusus yang dibentuk di lingkungan peradilan umum yang berwenang memeriksa, mengadili dan memberi putusan terhadap perselisihan hubungan industrial. Selama ini buruh sudah sering menyampaikan hal tersebut kepada pemerintah, hanya saja sejauh ini memang belum terelisasikan untuk didirikan PHI Batam.

“Jawa Timur bisa, artinya Kepri juga bisa. Apalagi Batam dan Tanjungpinang memang beda pulau,” jelasnya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, pada dasarnya mendukung terkait didirikannya PHI Kota Batam. Hanya saja tentu juga harus mengacu pada aturan undang-undang yang berlaku. Jika tidak melanggar Pemko Batam juga akan ikut mendorong hal tersebut.

“Kalau memang diperbolehkan secara undang-undang, nanti Pemko Batam akan mengirimkan surat kepada pihak terkait,” kata Rudi. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com