Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

BepiColombo ESA telah menyusul Merkurius lagi

Pesawat luar angkasa Eropa-Jepang BepiColombo telah melewati Merkurius untuk kedua kalinya, mengambil gambar planet terdalam di tata surya. Gambar pertama, yang menunjukkan bagian dari wahana dan permukaan kawah Merkurius, diambil dari jarak 920 kilometer. Penyelidikan kemudian meledak di planet ini hanya 200 kilometer jauhnya. Selama total enam penerbangan ke Merkurius, tidak ada gambar yang dapat diambil dengan kamera utama beresolusi tinggi karena dilindungi dalam probe. Hingga saat ini, hanya yang disebut kamera pengintai yang bisa memotret dengan resolusi 1024 x 1024 piksel. Badan Antariksa Eropa berencana untuk menerbitkan lebih banyak gambar dalam beberapa hari mendatang.

Merkurius juga merupakan target sebenarnya dari BepiColombo, tetapi sebelum probe dapat mengayun ke orbit, ia harus terbang di atasnya beberapa kali dan melambat. Pada Oktober 2018, ia memulai perjalanan tujuh tahun. Dengan dua satelit di dek, ia akan memeriksa permukaan dan medan magnet planet yang paling dekat dengan Matahari mulai Desember 2025. Proyek bersama Eropa-Jepang ini menargetkan biaya total sekitar €2 miliar untuk membantu memahami asal-usul tata surya. Sejauh ini, probe telah terbang melalui Bumi sekali dan Venus dua kali, dan telah melewati Merkurius untuk pertama kalinya di musim gugur. Itu akan diperbesar empat kali lagi sebelum dapat memasuki orbit pada akhir 2025.

Misi badan antariksa ESA dan JAXA dinamai sesuai nama matematikawan Italia Beppi Colombo (1920-1984), yang menghitung awal jalur menuju Merkurius. Persiapan ekspedisi memakan waktu hampir 20 tahun. Alasannya juga karena kondisi yang keras di dekat Merkurius: agar penyelidikan dapat bertahan dalam apa yang oleh Badan Antariksa Eropa disebut sebagai “lingkungan neraka”, sebuah teknologi baru harus dikembangkan. Perjalanannya juga sangat kompleks, dan membutuhkan lebih banyak energi daripada perjalanan ke Pluto. Meskipun jarak dari Bumi ke Pluto jauh lebih besar daripada jarak ke Merkurius, tarikan gravitasi Matahari jauh lebih kuat pada Merkurius.

READ  IKEA dengan berita. Polandia harus menunggu lama. Kami tahu harganya


(bln)

ke halaman rumah