Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

berita langsung ukraina, berita rusia dan ukraina hari ini, berita perang rusia-ukraina, berita krisis ukraina

Perhatian internasional telah difokuskan pada upaya untuk memulihkan ekspor makanan Ukraina, yang sekarang ditutup oleh blokade Rusia secara de facto. Ukraina adalah salah satu sumber biji-bijian dan minyak nabati terkemuka di dunia, yang telah menimbulkan kekhawatiran akan kekurangan global. Rusia menyalahkan krisis pangan pada sanksi Barat yang membatasi ekspornya.

Pengunjuk rasa pro-Ukraina berkumpul di luar PBB. (AFP)

Perang juga telah mengganggu pasar energi, termasuk pengiriman minyak dan gas Rusia ke Eropa, yang tetap menjadi sumber energi utama benua itu dan sumber pendapatan utama Moskow. Moskow menyalahkan sanksi Uni Eropa atas penurunan volume gas, dengan mengatakan mereka telah mencegahnya memulihkan peralatan pemompaan pipa.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan pada hari Senin bahwa Washington sedang dalam pembicaraan dengan Kanada dan sekutu lainnya untuk lebih membatasi pendapatan energi Moskow dengan membatasi harga minyak Rusia.

Sementara itu, Moskow telah mengancam pembalasan terhadap anggota UE, Lithuania, karena memblokir transfer batu bara, mineral, bahan bangunan, dan teknologi canggih ke Kaliningrad, pos terdepan Rusia di Laut Baltik yang dikelilingi oleh wilayah UE.

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil diplomat top Lituania dan menuntut agar Vilnius membalikkan langkah “yang terang-terangan bermusuhan”, jika tidak, Rusia “berhak mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan nasionalnya.” Lithuania mengatakan sanksi Uni Eropa mengharuskannya untuk memberlakukan larangan tersebut.

Gubernur Kaliningrad mengatakan Kementerian Luar Negeri Rusia akan memanggil duta besar Uni Eropa untuk Moskow pada Selasa atas larangan tersebut.

READ  India pindah ke "daftar kuning" Inggris hari ini. Inilah artinya bagi para pelancong | berita terbaru india