Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

berita langsung ukraina, berita rusia dan ukraina hari ini, berita perang ukraina rusia, berita krisis ukraina, berita perang dunia 3, hari kemenangan rusia

Penyerahan Mariupol mengakhiri perang Rusia yang paling merusak di Ukraina, dan memungkinkan Presiden Vladimir Putin untuk mengklaim kemenangan langka dalam kampanyenya yang goyah, yang menurut banyak analis militer telah goyah. Sementara Rusia menyebutnya menyerah, Ukraina menghindari kata itu.

Finlandia dan Swedia telah secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan NATO, sebuah langkah yang dimotivasi oleh kekhawatiran keamanan tentang perang Rusia di Ukraina. Menteri Luar Negeri Rusia Lavrov mengatakan aksesi Finlandia dan Swedia ke NATO kemungkinan tidak akan membuat banyak perbedaan, karena kedua negara telah lama berpartisipasi dalam latihan militer aliansi tersebut.

Mariupol muncul di ambang jatuh ke tangan Rusia pada hari Selasa ketika Ukraina pindah untuk meninggalkan pabrik bajanya ketika ratusan pejuangnya bertahan selama berbulan-bulan di bawah pemboman tanpa henti di benteng terakhir perlawanan di kota yang hancur itu.

Perebutan Mariupol akan menjadikannya kota terbesar yang diduduki oleh pasukan Rusia dan akan memberi Kremlin kemenangan yang sangat dibutuhkan, meskipun lanskap sebagian besar telah menjadi puing-puing.

Lebih dari 260 pejuang Ukraina – beberapa terluka parah dan dibawa dengan tandu – meninggalkan reruntuhan pabrik Azovstal pada hari Senin dan menyerahkan diri mereka ke pihak Rusia dalam kesepakatan yang dinegosiasikan oleh pihak-pihak yang bertikai.

Tujuh bus tambahan yang membawa sejumlah tentara Ukraina dari pabrik terlihat tiba di bekas koloni penjara pada Selasa di kota Olenivka, sekitar 88 kilometer utara Mariupol.

Sementara Rusia menyebutnya kapitulasi, Ukraina menghindari kata itu dan sebaliknya mengatakan bahwa garnisun pabrik telah berhasil menyelesaikan tugasnya menghubungkan pasukan Rusia dan tunduk pada perintah baru.

Kontrol penuh atas Mariupol akan memberi Rusia jembatan darat yang tidak terputus ke Krimea, yang direbutnya dari Ukraina pada 2014, dan akan membuat Ukraina kehilangan pelabuhan vital. Itu juga bisa membebaskan pasukan Rusia untuk bertempur di tempat lain di Donbass, kawasan industri timur yang ingin direbut Kremlin. Dia akan memberi Rusia kemenangan setelah kemunduran berulang kali di medan perang dan front diplomatik, dimulai dengan upaya yang gagal untuk menyerbu ibukota, Kyiv.

READ  Panglima Angkatan Laut Jerman mengundurkan diri setelah perselisihan atas komentarnya di Delhi tentang Ukraina