Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

berita langsung ukraina, berita rusia dan ukraina hari ini, berita perang ukraina rusia, berita krisis ukraina, berita perang dunia 3, penangkapan rusia dan ukraina

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebut Kremlin sebagai “operasi militer khusus” untuk membersihkan negara dari nasionalis sayap kanan dan memastikan keamanan Rusia. Perang itu membunuh ribuan orang, memaksa jutaan orang mengungsi, dan menghancurkan kota-kota.

Selama pertemuan puncak mereka di Jerman, para pemimpin G7, termasuk Presiden AS Joe Biden, mengatakan mereka akan mempertahankan sanksi terhadap Rusia selama mungkin dan mengintensifkan tekanan internasional pada pemerintah Presiden Vladimir Putin dan sekutunya Belarusia.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan kepada BBC: “Bayangkan jika kita membiarkan Putin lolos dari jalur akuisisi kekerasan sebagian besar negara berdaulat lain dan wilayah merdeka.”

Amerika Serikat mengatakan sedang menyelesaikan paket senjata lain untuk Ukraina yang akan mencakup sistem pertahanan udara jarak jauh – senjata yang secara khusus diminta Zelensky ketika dia berbicara kepada para pemimpin melalui tautan video pada hari Senin.

Pejabat AS dan Eropa mengatakan bahwa dalam pidatonya kepada para pemimpin G7, Zelensky kembali meminta lebih banyak senjata. Meminta bantuan dalam mengekspor gandum dari Ukraina dan menjatuhkan sanksi lebih lanjut ke Rusia.

Negara-negara G7 menjanjikan lebih banyak tekanan pada keuangan Rusia – termasuk kesepakatan untuk membatasi harga minyak Rusia yang menurut seorang pejabat AS “dekat” – dan menjanjikan tambahan $29,5 miliar untuk Ukraina.

“Kami akan terus memberikan dukungan keuangan, kemanusiaan, militer dan diplomatik dan mendukung Ukraina selama mungkin,” kata pernyataan G7.

Gedung Putih mengatakan Rusia gagal membayar utang luar negerinya untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu abad karena sanksi yang luas secara efektif mengisolasi negara itu dari sistem keuangan global.

Rusia menolak klaim tersebut, meminta investor untuk pergi ke agen keuangan Barat untuk mendapatkan uang yang dikirim tetapi pemegang obligasi tidak menerimanya.

READ  Harga bensin dan solar turun tajam setelah pusat memotong biaya produksi; Lihat harga bahan bakar hari ini

Perang menyebabkan kesulitan bagi negara-negara di luar perbatasan Eropa, dengan gangguan ekspor makanan dan energi merugikan ekonomi global.