Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

berita langsung ukraina, berita rusia – ukraina hari ini, berita perang ukraina rusia, berita krisis ukraina, berita perang dunia 3

Seorang pria berjalan melewati gedung apartemen yang hancur di Mariupol, di wilayah yang dikuasai Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Rabu, 4 Mei 2022. (AP)

Mariupol telah menjadi medan pertempuran besar saat Moskow berupaya membalikkan kekalahannya pada 2014 ketika separatis yang didukung Rusia gagal merebut kota di wilayah Donetsk. Kami menjelaskan mengapa Mariupol memiliki kunci serangan Rusia.

Secara geografis, Mariupol membentuk jembatan darat antara Krimea – yang dicaplok Rusia pada 2014 – dan Dubas, wilayah Ukraina yang dikuasai separatis. Sampai sekarang, Laut Azov terletak di antara wilayah Donetsk-Luhansk dan Krimea.

Tidak hanya di darat, perebutan Mariupol juga memberi Rusia keunggulan angkatan laut. Dengan jatuhnya Kherson, Rusia benar-benar memperluas kendalinya atas pantai Laut Hitam, yang sebagian besar dikuasai Moskow setelah merebut Krimea.

Minyak Rusia merupakan seperlima dari minyak yang disuling di Eropa, menurut Badan Energi Internasional.

Beberapa kilang bahan bakar bensin-ke-jet seperti PCK Schwedt dan Leuna Jerman serta kilang di Republik Ceko, Hongaria, Slovakia dan Polandia memasok minyak mentah Rusia melalui pipa Druzhba – atau “Persahabatan”.

Polandia dapat beralih ke pasokan laut dari tempat-tempat seperti Arab Saudi atau Norwegia melalui pelabuhan Baltik Gdansk.

Polandia, yang sedang mencoba untuk mengganti semua minyak mentah Rusia di kilangnya, dapat mengarahkan sebagian minyak yang ditujukan ke Gdansk ke dua kilang Jerman ini, tetapi detailnya belum ditentukan.

Mengubah rute pasokan ini kemungkinan akan menaikkan harga bahan baku untuk dua kilang terbesar di Jerman, menaikkan harga untuk konsumen akhir.

READ  Kedutaan Besar India di Kyiv meminta warganya untuk meninggalkan Ukraina sesegera mungkin