Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

berita ukraina langsung, berita rusia dan ukraina hari ini, berita perang ukraina rusia, berita krisis ukraina, berita perang dunia 3, penangkapan rusia dan ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat membantah bahwa Moskow telah mencegah pelabuhan Ukraina mengekspor biji-bijian, menyalahkan Barat atas harga pangan global yang tinggi.

Petugas penyelamat membawa mayat seorang warga sipil di lokasi sebuah gedung apartemen yang dihancurkan oleh pemboman Rusia di Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina. (AFP)

“Sekarang kita menyaksikan upaya untuk mengalihkan tanggung jawab atas apa yang terjadi di pasar makanan dunia dan masalah yang timbul di pasar ini ke Rusia,” katanya di televisi nasional.

Dia mengatakan solusi terbaik adalah mencabut sanksi Barat terhadap sekutu Rusia Belarusia dan bagi Ukraina untuk mengekspor gandum melalui negara itu.

Para pejabat Ukraina mengandalkan sistem rudal canggih yang baru-baru ini dijanjikan oleh Amerika Serikat dan Inggris untuk mengarahkan perang demi kepentingan mereka, dan pasukan Ukraina telah memulai pelatihan untuk mereka.

Sementara perlawanan Ukraina memaksa Putin untuk mempersempit tujuan langsungnya menyerang seluruh wilayah Donbass, pejabat Ukraina mengatakan dia tetap berniat menaklukkan seluruh negara. “Tujuan utama Putin adalah menghancurkan Ukraina. Dia tidak mundur dari tujuannya meskipun fakta bahwa Ukraina telah memenangkan tahap pertama perang habis-habisan ini,” kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar kepada televisi nasional, Jumat.

Moskow mengerahkan pasukan dan peralatannya ke dalam Pertempuran Severodonetsk, yang harus disapu Rusia untuk merebut seluruh Luhansk, salah satu dari dua provinsi yang membentuk wilayah Donbass timur yang diumumkan oleh Kremlin untuk direbut.

READ  Satu tewas, tiga terluka dalam penembakan Santa Rosa: lapor