Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Betapa olahraga intensitas tinggi sebelum operasi dapat membantu pemulihan

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa sesi singkat latihan intensitas tinggi dalam beberapa minggu menjelang operasi dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dan mengurangi risiko komplikasi.

Penelitian tersebut menganalisis 12 penelitian pada 832 pasien yang membandingkan efek pelatihan “pra-habilitasi” intensitas tinggi dengan perawatan standar. belajar itu Diterbitkan di Jaringan Terbuka JAMAberfokus pada jenis latihan yang disebut HIIT, yang merupakan singkatan dari pelatihan interval intensitas tinggi dan melibatkan latihan intens dalam jangka waktu singkat, seringkali hanya berlangsung beberapa detik atau menit, diikuti dengan istirahat.

Peneliti lain telah melihat potensi manfaat dari pra-pelatihan, yaitu olahraga untuk membuat pasien berada dalam kondisi yang lebih baik sebelum operasi. Para ahli mengatakan bahwa sebagian besar pasien yang bersiap untuk operasi besar mungkin hanya memiliki waktu beberapa minggu antara diagnosis mereka dan menuju ke ruang operasi, sehingga intervensi yang efektif dan cepat melalui olahraga sangatlah penting.

Dalam studi yang termasuk dalam analisis, beberapa sesi HIIT hanya berdurasi 18 hingga 20 menit. Bentuk olahraga yang populer ini, katanya, “dapat membuat orang menjadi lebih bugar dan lebih cepat.” Carrie Cliffordpenulis pertama ulasan ini dan peneliti di Departemen Ilmu Bedah di Universitas Otago di Selandia Baru.

Tingkatkan kebugaran Anda dengan HIIT

Sebagian besar pasien dalam tinjauan tersebut menjalani operasi perut besar. Para peneliti telah menemukan bahwa HIIT dapat meningkatkan kebugaran pasien “Dengan cara yang terarah,” kata Clifford sebelum operasi.

Peningkatan ini diukur dengan menggunakan beberapa indikator kebugaran kardiovaskular termasuk tes jalan kaki enam menit dan peningkatan serapan oksigen puncak, yang merupakan ukuran jumlah maksimum oksigen yang dapat digunakan tubuh Anda selama latihan intens.

READ  Bagaimana kelelawar berevolusi untuk menghindari kanker

“Ini penting karena tubuh Anda membutuhkan oksigen untuk pulih dan menyembuhkan dirinya sendiri setelah operasi,” kata Clifford.

Dalam studi tahun 2022 Peserta, berusia 45 hingga 85 tahun, yang menjalani operasi perut besar, dilibatkan dalam tinjauan dan diacak untuk menjalani 14 sesi HIIT selama periode empat minggu dibandingkan dengan perawatan standar. Clifford mengatakan perawatan standar biasanya mencakup informasi umum tentang tetap aktif dan mengurangi alkohol dan merokok sebelum operasi, namun bukan program olahraga khusus.

Dalam sebuah studi tahun 2022, sesi HIIT mencakup bersepeda stasioner sekitar 30 menit. Namun alih-alih bersepeda selama 30 menit berturut-turut, pasien diminta bergantian antara satu menit bersepeda intensitas tinggi, yang bertujuan untuk mencapai 90% detak jantung maksimum, dan satu menit pemulihan aktif.

Studi yang diikuti Clifford, menemukan peningkatan yang signifikan dalam pengambilan oksigen puncak sebelum operasi setelah hanya 12 hingga 14 sesi selama empat minggu.

Hasil keseluruhan dari meta-analisis yang lebih besar dibatasi oleh fakta bahwa tidak semua penelitian dalam tinjauan tersebut mengandalkan ukuran kebugaran yang sama atau menggunakan rutinitas HIIT yang sama. Para peneliti sering kali mendefinisikan pelatihan intensitas tinggi dengan cara yang berbeda-beda, dan meskipun sebagian besar program olahraga berdurasi kurang dari empat minggu, beberapa intervensi berlangsung enam minggu atau lebih. Permasalahan medis yang dihadapi pasien pun beragam.

“Secara keseluruhan, menurut saya ada baiknya melihat HIIT secara spesifik,” katanya. Daniel Mac Isaac, profesor anestesiologi dan pengobatan nyeri di Universitas Ottawa yang tidak terlibat dalam tinjauan baru ini. “Tetapi menurut saya ulasan tersebut meninggalkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.”

Mengurangi komplikasi setelah HIIT

Clifford mengatakan pasien tidak hanya menjadi lebih bugar, tetapi latihan HIIT juga mengurangi risiko masalah setelah operasi.

READ  Misi bulan Artemis 1 NASA masih "berjalan" untuk peluncuran 16 November

Studi tersebut menemukan bahwa latihan HIIT “pra-kualifikasi” sebelum operasi mengurangi kemungkinan komplikasi pasca operasi sebesar 56 persen, berdasarkan delapan penelitian dalam tinjauan yang melaporkan komplikasi pasca operasi di antara 770 pasien.

Dalam studi Clifford tahun 2022, peneliti mengukur komplikasi dengan menemui partisipan secara langsung selama mereka dirawat di rumah sakit dan mencatat komplikasi apa pun. Mereka juga mengirimkan kuesioner tindak lanjut enam minggu setelah operasi.

Selain itu, penulis tinjauan mempertimbangkan lama rawat inap di rumah sakit. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa latihan HIIT sebelum operasi dapat mengurangi lama rawat inap di rumah sakit sekitar tiga hari, hasilnya tidak signifikan secara statistik sehingga tidak ada kesimpulan pasti yang dapat diambil.

Manfaat berolahraga sebelum operasi

McIsaac, yang telah melakukan penelitiannya sendiri tentang pra-latihan, mencatat bahwa penelitian dalam tinjauan tersebut tidak membandingkan HIIT dengan intervensi olahraga lain seperti latihan aerobik intensitas sedang. Dia mengatakan program pra-kualifikasi tradisional mungkin mencakup olahraga tiga hingga lima minggu seperti jalan cepat, joging, bersepeda, atau berenang.

Dari tinjauan baru ini, tidak mungkin untuk menentukan apakah pelatihan intensitas tinggi (HIIT) lebih efektif dibandingkan bentuk latihan lain untuk pra-kualifikasi, namun Clifford mengatakan timnya sedang mengerjakan penelitian tersebut.

“Saya pikir siapa pun yang bersiap untuk operasi, jika mereka dapat meningkatkan tingkat aktivitas fisik dan memperbaiki nutrisi, mereka dapat berharap mendapatkan hasil yang lebih baik setelah operasi,” kata McIsaac. Tinjauan ini menunjukkan bahwa jika mereka tertarik pada latihan interval intensitas tinggi, hal itu mungkin bermanfaat bagi mereka. Jika tidak, kemungkinan besar terdapat lebih banyak bukti bahwa bentuk olahraga tradisional lainnya juga cenderung sama bermanfaatnya. .

READ  Helikopter Mars Ingenuity mencapai penerbangan ke-23, tidak dapat dihentikan

Mendaftarlah untuk buletin Well+Being, sumber tips ahli dan saran sederhana kami untuk membantu Anda menjalani hidup dengan baik setiap hari