Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bezos mengkritik permintaan Biden untuk memotong harga bensin  berita Dunia

Bezos mengkritik permintaan Biden untuk memotong harga bensin berita Dunia

Pendiri Amazon Jeff Bezos mengkritik Presiden Joe Biden karena menyerukan perusahaan minyak untuk memotong harga bensin yang sangat tinggi, mendorong Gedung Putih untuk membela pemimpin AS pada hari Minggu.

“Pesan saya kepada perusahaan yang menjalankan pompa bensin dan menetapkan harga di pompa bensin itu sederhana: Ini adalah masa perang dan bahaya global,” tulis Biden di Twitter pada hari Sabtu.

“Kurangi harga yang Anda tetapkan di pompa untuk mencerminkan biaya yang Anda bayar untuk produk. Dan lakukan sekarang,” tambah Biden.

Bezos mengatakan komentar Biden sama dengan “salah informasi langsung atau kesalahpahaman mendalam tentang dinamika pasar fundamental.”

“Aduh. Inflasi adalah masalah yang sangat penting bagi Gedung Putih untuk terus membuat pernyataan seperti ini.” miliarder Amerika Tweet Sabtu.

Harga bensin di SPBU telah menjadi simbol kenaikan harga yang lebih luas di Amerika Serikat, dan itu merusak popularitas Biden menjelang pemilihan legislatif November.

Baca juga | Pertengkaran Bezos dan Biden: Bisakah pajak perusahaan menjinakkan inflasi?

Biden secara teratur menyerang perusahaan minyak, dengan mengatakan bahwa mereka hanya peduli pada keuntungan dan bukan kesejahteraan konsumen rata-rata.

Perusahaan, pada gilirannya, mengatakan bahwa mereka telah meningkatkan produksi dalam upaya untuk menjinakkan harga, tetapi mereka berada di pasar global dan tunduk pada dinamika yang tidak di bawah kendali raksasa minyak di Amerika Serikat.

Sekretaris Pers Gedung Putih Karen Jean-Pierre mengatakan di Twitter pada hari Minggu bahwa harga minyak telah turun sekitar $15 per barel selama sebulan terakhir.

“Tapi harga di pompa hampir tidak turun. Ini bukan ‘dasar dinamika pasar’. Ini adalah pasar yang mengecewakan konsumen Amerika,” tulisnya.

Harga bensin telah naik di atas $5 per galon sejak awal Juni, belum pernah terjadi sebelumnya di negara yang gila mobil itu. Harga telah turun sedikit sejak saat itu, tetapi masih jauh dari level $3 per galon tahun lalu.

READ  Penjelasan: Mengapa Perdana Menteri meminta peninjauan kembali rencana memfasilitasi penerbangan internasional?

John Kirby, juru bicara Gedung Putih tentang masalah keamanan nasional, juga membela presiden hari Minggu dalam sebuah penampilan di Fox News.

“Presiden bekerja sangat, sangat keras di banyak bidang … untuk mencoba menurunkan harga itu,” kata Kirby.

Dia mencatat proposal Biden untuk menangguhkan pajak gas federal musim panas ini – yang akan membutuhkan persetujuan kongres – dan keputusannya untuk memanfaatkan cadangan minyak strategis AS untuk membawa lebih banyak produk ke pasar.

“Dia tahu itu tidak akan menyelesaikan semua masalah, tetapi akan membantu jika semua orang bekerja sama dalam hal ini. Kita bisa menurunkan harga setidaknya $1 per galon,” kata Kirby.