Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Biden akan menjamu para pemimpin negara-negara ASEAN di Washington pada 12-13 Mei: Gedung Putih | Berita Dunia

Presiden AS Joe Biden selama KTT AS-ASEAN 2021 telah mengumumkan 102 juta dolar dalam inisiatif baru untuk memperluas keterlibatan dengan ASEAN dalam penanganan covid-19 dan keamanan kesehatan, perubahan iklim, pertumbuhan ekonomi, dan bidang lainnya, kata Gedung Putih.

Presiden AS Joe Biden akan menjamu para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada pertemuan puncak di Washington pada 12 dan 13 Mei, kantor berita Reuters mengutip juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

“KTT Khusus akan menunjukkan ketahanan Amerika Serikat terhadap ASEAN, mengakui peran sentralnya dalam memberikan solusi berkelanjutan untuk tantangan paling mendesak di kawasan ini, dan memperingati 45 tahun hubungan AS-ASEAN,” kata Psaki dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih. .

“Ini akan dibangun di atas partisipasi Presiden Biden dalam KTT AS-ASEAN Oktober 2021, di mana Presiden mengumumkan 102 juta dolar dalam inisiatif baru untuk memperluas keterlibatan kami dengan ASEAN dalam pemulihan COVID-19 dan keamanan kesehatan, memerangi krisis iklim, merangsang berbasis luas pertumbuhan ekonomi, mempromosikan kesetaraan gender, dan memperdalam hubungan antar-warga,” tambah juru bicara Gedung Putih lebih lanjut.

Pejabat Gedung Putih menambahkan bahwa pemerintahan Biden telah memprioritaskan untuk melayani sebagai mitra yang andal dan kuat di Asia Tenggara.

KTT tersebut diadakan di tengah perang yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina yang telah memasuki hari ke-51 berturut-turut. KTT mungkin menyaksikan pertimbangan tentang situasi di Ukraina dan Eropa.


Tutup Cerita

Kurang waktu untuk membaca?

Coba Quickreads


  • Gambar untuk representasi.  (Foto AP/Evgeniy Maloletka)

    Roket yang ditembakkan oleh pasukan Pakistan membunuh enam warga Afghanistan: resmi

    Sedikitnya lima anak dan seorang wanita tewas di provinsi Afghanistan timur ketika pasukan militer Pakistan menembakkan roket di sepanjang perbatasan dalam serangan menjelang fajar pada Sabtu, kata seorang pejabat dan seorang penduduk. Sejak Taliban merebut kekuasaan tahun lalu di Afghanistan, ketegangan perbatasan antara tetangga telah meningkat, dengan Pakistan menuduh kelompok-kelompok militan melakukan serangan dari tanah Afghanistan. Ehsanullah, seorang penduduk distrik Shelton yang menggunakan satu nama seperti banyak orang Afghanistan mengkonfirmasi jumlah korban tewas.

  • Pengunjuk rasa perubahan iklim memblokir alun-alun pusat kota Paris untuk memprotes pilihan pemilihan (Gambar untuk perwakilan)

    Pengunjuk rasa perubahan iklim memblokir alun-alun pusat kota Paris untuk memprotes pilihan pemilihan

    Perubahan iklim memaksa penutupan alun-alun utama di pusat kota Paris pada hari Sabtu untuk memprotes program lingkungan yang diajukan oleh calon presiden Prancis yang tersisa. Sementara biaya hidup adalah tema pemilihan utama, kebijakan energi terkait erat dengan itu, dan petahana Emmanuel Macron dan penantang sayap kanannya Marine Le Pen telah mengajukan kebijakan yang sangat berbeda pada sektor energi terbarukan pada khususnya.

  • Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

    Rusia Larang Masuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

    Moskow pada hari Sabtu mengumumkan akan melarang masuknya Perdana Menteri Boris Johnson dan beberapa pejabat tinggi Inggris lainnya, setelah London memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas operasi militernya di Ukraina. “Langkah ini diambil sebagai tanggapan atas informasi tak terkendali dan kampanye politik London yang bertujuan mengisolasi Rusia secara internasional, menciptakan kondisi untuk membatasi negara kami dan mencekik pernyataan ekonomi domestik,” kata kementerian luar negeri dalam sebuah.

  • Orang-orang mengantre untuk membeli roti di toko roti dan kue, saat kota itu melonggarkan penguncian di beberapa daerah, di tengah wabah Covid-19 di Shanghai, Cina, pada Sabtu.  (REUTERS)

    China: Lebih dari 23.000 kasus Covid tercatat di Shanghai, lebih banyak kota mengumumkan pembatasan

    Shanghai pada hari Sabtu melaporkan 3.590 kasus Covid-19 bergejala baru, peningkatan harian tertinggi, dan hampir 20.000 infeksi tanpa gejala untuk 15 April karena lebih banyak kota besar di China menerapkan pembatasan pergerakan dan penguncian sebagian untuk menahan wabah yang didorong oleh Omikron. Penghitungan kasus Covid-19 di pusat keuangan itu merupakan sebagian besar kasus di daratan, yang melaporkan 3.867 infeksi bergejala dan 20.813 infeksi tanpa gejala pada hari Jumat.

  • Banyak jalan yang penuh lubang dan menjadi gelap gulita di malam hari.

    9 guru sekolah di antara 11 tewas di Irak saat minibus jatuh, meledak menjadi api

    Sebelas orang termasuk sembilan guru sekolah tewas dalam kecelakaan lalu lintas di selatan Baghdad saat mereka kembali dari makan Ramadhan, kata pihak berwenang Irak Sabtu, menyalahkan kecepatan. Kecelakaan itu terjadi di provinsi Babel sekitar tengah malam ketika kelompok itu kembali dengan minibus dari kota suci Karbala, kata seorang sumber polisi. Sumber polisi mengatakan kendaraan terbakar.

READ  Tentang sinyal Ukraina Rusia, kepala NATO mengatakan, 'Optimisme hati-hati, tetapi belum ada de-eskalasi'