Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bill Gates dan Warren Buffet untuk membangun Natrium. Ini adalah reaktor nuklir tipe baru

Natrium, ini Reaktor nuklir kecil dapat merevolusi produksi energi dunia. Setidaknya itulah pendapat Bill Gates, yang perusahaannya TerraPower mengembangkan proyek tersebut. Tahun lalu, itu diberikan oleh Departemen Energi AS, yang menyumbangkan $80 juta kepada perusahaan. Pendanaan untuk membantu pembangunan yang mendemonstrasikan penggunaan natrium secara praktis. Di tahun-tahun mendatang, dana tambahan juga direncanakan akan ditransfer.

TerraPower, didirikan 15 tahun lalu oleh Bill Gates, dan PacificCorp, dimiliki oleh Berkshire Hathaway, dimiliki oleh miliarder lain – Warren Buffet, akan bertanggung jawab untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir tipe baru. Ini akan memakan waktu 7 tahun untuk membangun dan menelan biaya sekitar $ 1 miliar. Fasilitas tersebut akan dibangun di lokasi penutupan pembangkit listrik tenaga nuklir di Wyoming.

Natrium adalah reaktor nuklir SFR, yaitu reaktor cepat berpendingin natrium dengan siklus bahan bakar tertutup. untuk dia Kapasitasnya akan menjadi 345 MW dengan kemungkinan meningkat selama permintaan puncak hingga 500 MW. Ini juga akan memiliki fungsi penyimpanan energi. Menurut Chris Levesque, Presiden TerraPower, reaktor tersebut dapat digunakan dalam skala besar pada awal tahun 2030 dan berkontribusi secara signifikan untuk mengurangi emisi CO2 dari pembangkit listrik tenaga batu bara konvensional.

Foto: Reporter / GYS / Reporter

Namun, para ahli menunjukkan bahwa teknologi baru mungkin terkait dengan beberapa risiko. Reaktor Natrium canggih membutuhkan bahan bakar untuk diperkaya pada tingkat yang jauh lebih cepat daripada reaktor konvensional, membuat rantai pasokan bahan bakar menjadi target yang menarik untuk mengembangkan senjata nuklir yang belum sempurna.

Baca juga: Mengekstraksi energi dari lubang hitam? Para ilmuwan mengatakan mereka memiliki bukti pertama

READ  Pengadilan memperkuat gugatan class action di Amerika Serikat terhadap CD Projekt